Bangkitkan Nasionalisme, Bakesbangpol Jatim Gelar Jalan Sehat Kemerdekaan

Antusias peserta Jalan Sehat Kemerdekaan Bakesbangpol Jatim/ist Antusias peserta Jalan Sehat Kemerdekaan Bakesbangpol Jatim/ist

SURABAYA: Ratusan warga dan pengawai Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) berbaur menjadi satu dalam kegiatan Gebyar Jalan Sehat Kemerdekaan 2022 yang digelar Jumat, 26 Agustus 2022.

Peserta jalan sehat diberangkatkan Kepala Bakesbangpol Jatim R. Heru Wahono Santoso, S.Sos, MM didampingi Sekretaris Nurul Ansori di depan Kantor Bakesbangpol, Jl. Putat Indah, Sukomanunggal, Surabaya.

"Tidak hanya diikuti pegawai dan ASN Bakesbangpol Jatim, tapi juga kita ajak masyarakat sekitar dan beberapa perwakilan organisasi kemasyarakatan. Alhamdulillah, semua antusias mengikuti kegiatan ini, " ujarnya.

Selain meyemarakan rangkaian HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, dalam kegiatan Gebyar Jalan Sehat Kemerdekaan ini juga dibagikan sekitar 600 bendera merah putih kepada masyarakat yang ditemui sepanjang rute jalan sehat.

BACA: Komunitas Motor Trail Kibarkan Bendera Raksasa di Bukit Hollywood


"Ini sekaligus juga menjalankan program dua juta bendera yang disebar di seluruh provinsi Jawa Timur. Tadi ada 600 an bendera yang kita bagikan kepada pengguna jalan, pedagang yang kita jumpai di rute jalan sehat. Ini untuk menanamkan kembali rasa nasionalisme yang mulai terkikis, " ucapnya.

Antusias warga memang terlihat dalam kegiatan ini. Mereka sudah berkumpul sejak pagi hari sekitar pukul 05.30 WIB. Beberapa ada yang mengenakan kostum unik. Ada juga menyanyikan yel-yel sepanjang jalan untuk mengobarkan semangat.

Selain berkeliling kawasan Putat Indah, peserta jalan sehat juga melintasi Makam Pahlawan di Jalan Majyen Sungkono. Saat melinta Makam Pahlawan, peserta memberikan hormat dan mengibar-ngibarkan bendera merah putih.


Setelah tiba di garis finish, peserta disambut dengan sajian makan gratis khas Jawa Timur, mulai lontong balap hingga gado-gado. Selain itu juga ada stand yang menampilkan produk-produk UMKM Jatim.

Suasana semakin meriah dengan pembagian kupon hadiah diselingi hiburan musik electone. Disela-sela pengundian juga digelar beberapa lomba, seperti lomba joget, memasukan jarum dalam botol hingga dooprize kejutan dari para sponsor.

"Kami sengaja mengajak masyarakat sekitar dan perwakilan organisasi kemasyarakatan agar menyatu bersama keluarga besar Bakesbangpol Jatim. Semoga ke depan, jalinan kekeluargaan bisa semakin erat lagi. Terima kasih kepada semua peserta dan juga para sponsor, " ujar Sekretatis Bakesbangpol Jatim, Nurul Ansori.

Sementara Mantan Ketua RW 03 Putat Indah, Widji Wirawan  mengaprisiasi kegiatan Bakesbangpol Jatim yang melibatkan masyarakat sekitar. Diharapkan, kegiatan serupa bisa terus berlanjut.

"Baru kali ini ada kegiatan meriah seperti ini. Warga sangat berterima kasih kepada Bakasebangpol Jatim, membuat kegiatan yang menyehatkan dan penuh hiburan. Hadiahnya juga banyak sampai tidak habis, " ujarnya tersenyum.

 


(TOM)

Berita Terkait