70 Pendeta Ziarah Makam Gus Dur

Sejumlah pendeta beserta umah Hindu dan Budha berziarah ke Makam Gus Dur/metroTV Sejumlah pendeta beserta umah Hindu dan Budha berziarah ke Makam Gus Dur/metroTV

JOMBANG: Sebanyak 70 pendeta dari berbagai daerah di Indonesia berziarah ke Makam Presiden ke-4 Republik Indonesia, KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di Komplek Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Kecamatan Diwek, Jombang, Minggu 21 Agustus 2022.  

Ziarah sengaja dilakukan untuk memperingati HUT ke-77 RI sekaligus memperkuat persatuan lintas iman.  Selain 70 pendeta, beberapa aktivis GusDURian hingga sejumlah umat Budha dan Hindu juga ikut berziarah.

Dalam ziarah, puluhan pendeta nampak memenjatkan do'a dengan khusyuk di depan pusara cucu dari pendiri NU, KH Hasyim Asy'ari tersebut. Tak hanya do'a mereka juga sempat menggelar tabur bunga.

BACA: 5 Gedung Peninggalan Belanda Kini Jadi Hotel, Ada yang di Surabaya!

Pendeta Manuel Raitu sekaligus Ketua Majelis Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) mengatakan ziarah ini untuk mengenang jasa almarhum semasa hidup sekaligus memperingati HUT RI ke 77.

"Meski gelar pahlawan belum tersematkan pada Gus Dur secara resmi. Namun bagi umat kristiani, Gus Dur sudah menjadi pahlawan, " ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait