Mencicipi Durian Gundul di Lombok, Satu-satunya di Dunia

Penampakan durian gundul khas Lombok (Foto / Istimewa) Penampakan durian gundul khas Lombok (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Ada banyak kuliner lezat di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bisa dicicipi. Salah satunya, jika beruntung Anda bisa menjajal durian botak tanpa duri di Lombok. Durian botak tanpa duri di Lombok merupakan salah satu jenis durian yang unik dan hanya bisa ditemukan di Lombok.

Sesuai dengan namanya, durian ini tidak memiliki duri atau kulit keras seperti durian pada umumnya, sehingga mudah untuk dikupas. Masyarakat Lombok biasa menyebut durian ini sebagai durian Gundulan. Dikutip dari website Kabupaten Lombok Barat, jenis durian ini pertama kali ditemukan tiga tahun lalu di Lombok Barat, namun ada sumber lain yang menyebutkan pada 2007, dan diklaim menjadi satu-satunya durian tanpa duri yang ada di dunia.

Menariknya lagi, pertama kali ditemukan, durian gundulan ini ada di tepi hutan kawasan lindung Gunung Rinjani yang termasuk wilayah Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Penampakan gundulan, jika dilihat sekilas pasti banyak yang menyangkanya sebagai buah sukun. Dengan ukuran yang besar seukuran melon dengan bobot sekitar 800-900 gram.

baca juga : Mengenal Es Krim Termahal di Dunia Seharga Rp98 Juta

Kulitnya keras seperti buah durian pada umumnya. Salah satu keunggulan dari gundulan adalah kemudahan dalam mengolah dan memakannya. Daging buahnya pun manis dengan ketebalan daging buah 0,5 cm. Tanaman durian gundul ini merupakan tanaman durian yang mengalami mutasi bentuk oleh alam sehingga duri-duri di sekujur kulitnya tidak ada.

Tanaman durian gundul juga sangat pandai untuk beradaptasi di dataran rendah sampai sedang dengan ketinggian 250 sampai 700 dpl. Durian gundulan atau gundulan merupakan salah satu makanan yang paling dicari-cari oleh wisatawan, terutama para pencinta durian ketika bertandang ke Lombok.

 


(ADI)

Berita Terkait