KPU Jatim Siapkan 416 TPS Lokasi Khusus di Pemilu 2024, Ini Titiknya

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menyiapkan 416 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Lokasi Khusus (Loksus) pada Pemilu 2024 mendatang. TPS Loksus tersebut tersebar di sejumlah lokasi seperti pondok pesantren, lembaga pemasyarakatan (lapas), dan rumah tahanan (rutan).

Komisioner KPU Jatim Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia, mengatakan pemilih TPS Loksus ini disediakan bagi mereka yang memiliki hak pilih namun tidak berada di tempat yang bersangkutan menggunakan hak pilih.

"Penempatan TPS Loksus ini setelah ada kepastian dari penanggung jawab mereka. Terkait jumlah pemilih dan mereka benar-benar berada dan akan menggunakan hak pilihnya di TPS Loksus tersebut," katanya, Kamis 13 Juli 2023.

Dia mengungkapkan, TPS Loksus paling banyak tersebar di ponpes. Jumlahnya 50 persen lebih dari total jumlah TPS Loksus. Ponpes yang paling banyak lokasi TPS Loksus di antaranya wilayah Mataraman. Di wilayah ini terdapat dua ponpes besar, yakni Ponpes Lirboyo di Kediri dan Ponpes Temboro di Magetan. Kemudian ponpes di Situbondo, wilayah Tapal Kuda. Ponpes menjadi mendapat TPS Loksus ketika jumlah santrinya lebih dari 100 orang.

baca juga : Kepala Puskesmas di Sampang Kena Pukul saat Audiensi, Ini Pemicunya

"Total pemilih dari kalangan santri sendiri lebih dari 100.000 orang. Di Ponpes Lirboyo saja 15.000 pemilih. Kemudian di Ponpes Temboro ada sekitar 10.000 santri," ujar Nurul.

Terkait keberadaan mahasiswa di perguruan tinggi di Jatim, KPU menyatakan sampai saat ini tidak menyediakan TPS Loksus. Hal ini dikarenakan belum ada kampus yang bisa memberikan data lengkap mahasiswanya yang menjadi pemilih.

"Mahasiswa yang akan menggunakan hak pilihnya, karena berada asrama atau kos, akan diperlakukan sama dengan mereka yang menggunakan pindah pilih," ujar Nurul.


(ADI)

Berita Terkait