Diawarnai Gol Bunuh Diri, Indonesia Libas Filipina 2-0

Selebrasi squad Garuda setelah mengalahkan Filipina di Piala AFF U16 (Foto / Istimewa) Selebrasi squad Garuda setelah mengalahkan Filipina di Piala AFF U16 (Foto / Istimewa)

JAKARTA : Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 berhasil mengalahkan Filipina U-16 dengan skor 2-0 pada laga perdana Grup A Piala AFF U-16 2022. Pertandingan itu dilangsungkan di Stadion Maguwoharjo, Yogyakarta, Minggu 31 Juli 2022. Salah satu gol Indonesia U-16 dicetak oleh Arkhan Kaka Putra. Pemain berusia 14 tahun itu mencetak gol lewat sontekan di dalam kotak penalti pada babak pertama.

Pada awal babak pertama, Timnas Indonesia U-16 langsung melancarkan serangan masif ke pertahanan Filipina U-16. Serangan itu berbuah manis setelah Filipina U-16 justru melakukan gol bunuh diri pada menit ke-3, Timnas Indonesia U-16 unggul 1-0. Usai gol tersebut, Timnas Indonesia U-16 terus mengurung pertahanan Timnas Filipina U-16.

Akan tetapi, beberapa serangan yang dilancarkan anak asuh Bima Sakti belum berhasil menambah keunggulan. Memasuki menit ke-25, Timnas Indonesia U-16 terus melancarkan serangan ke pertahanan The Young Azkals -julukan Timnas Filipina U-16. Akan tetapi, beberapa tembakan yang dilesatkan Muhammad Nabil dkk gagal menemui jala gawang.

Sedangkan, Timnas Filipina U-16 terpantau tidak bisa berbuat banyak. Meski menerapkan skema serangan balik, serangan The Young Azkals selalu terputus di lini tengah Timnas Indonesia U-16. Pada menit ke-37, Timnas Indonesia U-16 akhirnya berhasil menambah keunggulan. Adalah Arkhan Kaka Putra (37’) yang berhasil menyontek bola masuk ke gawang Cesar Inigo, Timnas Indonesia U-16 unggul 2-0.

Selepas gol tersebut, tidak ada gol yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan paruh pertama selesai. Pada akhirnya, Timnas Indonesia U-16 unggul atas Filipina U-16 dengan skor 2-0 di babak pertama.

Baca juga : Jadwal Piala AFF U-16 2022 Hari Ini: Indonesia Vs Filipina

Di babak kedua, Timnas Indonesia U-16 langsung menerapkan pola permainan ofensif sejak awal babak kedua. Unggul dua gol, tim asuhan Bima Sakti berhasil mengurung pertahanan The Young Azkals hingga memasuki menit ke-55. Kendati begitu, Christopher Edim nampaknya menginstruksikan anak asuhnya agar lebih berani melancarkan serangan.

Sayangnya, upaya yang dilakukan oleh Timnas Filipina U-16 masih belum menemui hasil. Sementara, Timnas Indonesia U-16 masih terus menggedor pertahanan The Young Azkals. Serangan yang dibangun oleh Skuad Garuda Muda beberapa kali hampir membuahkan gol, namun skor sementara masih 2-0.

Menjelang akhir pertandingan, Timnas Indonesia U-16 masih mengurung pertahanan Filipina U-16. Namun sayang, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga pertandingan di babak kedua selesai.


(ADI)

Berita Terkait