Puluhan ODGJ dan Disabilitas Gelar Upacara Bendera di Lereng Gunung Gogoniti

Penyandang disabilitas dan ODGJ  mengelar upacara pengibaran bendera di Lereng Gunung Gogoniti, Desa Kemirigede, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar/metrotv Penyandang disabilitas dan ODGJ mengelar upacara pengibaran bendera di Lereng Gunung Gogoniti, Desa Kemirigede, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar/metrotv

BLITAR: Memperingati HUT  Kemerdekaan Republik Indonesia ke- 77, penyandang disabilitas dan orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) mengelar upacara pengibaran bendera di Lereng Gunung Gogoniti, Desa Kemirigede, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Rabu 17 Agustus 2022.

Penyandang disabilitas dan ODGJ ini  menggelar upacara pengibaran bendera merah putih dengan penuh semangat. Mulai dari komandan upacara, pembawa bendera, hingga peserta upacara merupakan penyandang disabilitas dan ODGJ yang memiliki berbagai macam keterbatasan.

Namun, semangat serta antusias dalam melaksanakan upacara ini ditunjukan oleh para petugas  maupun peserta upacara yang mempunyai keterbelakangan fisik maupun mental untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih.

BACA: Ratusan Pendaki Bersiap Laksanakan Upacara di Puncak Gunung Arjuno

Hebatnya, meski mempunyai keterbatasan fisik maupun mental, para penyandang disabilitas ini menjalankan upacara tanpa satupun kesalahan.

"Senang bisa turut memperingati HUT kemerdekaan negara ini, " ujar Agus, salah satu peserta upacara.

Dalam upacara ini, diikuti oleh peserta upacara sebanyak 30 ODGJ dan disabilitas. Mereka hidup mandiri dalam binaan Yayasan Disabilitas Batik Ciprat Blitar yang melakukan pendampingan dengan berkarya membuat batik.

Edy Cahyono, pendiri yayasan disabilitas mengatakan selain sebagai bentuk cinta tanah air, upacara ini digelar sebagai wujud penerapan Pancasila, terutama pada sila kelima, yaitu Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Sekaligus sebagai pesan kesetaraan di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 .

"Ini sebagai bentuk kesetaraan, apapun kondisinya kita wajib merayakan hari kemerdekaan," ucapnya.


(TOM)

Berita Terkait