5 Langkah Sukses Mengerjakan Soal Psikotes

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABYAYA : Terdapat berbagai tips dan trik mengerjakan soal psikotest lamaran kerja. Hal ini selalu dicari para pelamar pekerjaan yang ingin melakukan tes melamar kerja di suatu perusahaan. Psikotest merupakan salah satu tahapan dalam seleksi kerja yang sering diterapkan banyak perusahaan. Hal ini berguna untuk mengenal watak dari seseorang seperti personality, interest, attitude, personality, dan intelijensinya.

Hasil dari psikotest memiliki peran besar yang menentukan apakah Anda cocok bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. Tidak ada salah atau benar dalam mengerjakan soal psikotest, melainkan hanya cocok atau tidak Anda bekerja di posisi/jabatan yang dibutuhkan oleh perusahaan yang dilamar. Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips dan trik mengerjakan soal psikotest lamaran kerja.

1. Mulai dengan Melihat Soal Psikotest

Ketika mendapatkan soal psikotest jangan langsung mengerjakan terburu-buru. Anda harus melihat dan memeriksa kembali soal terlebih dahulu. Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui ada berapa pertanyaan yang diajukan dan apa saja jenis pertanyaannya. Dengan begitu, Anda akan mendapat gambaran untuk mengerjakan soal tersebut dengan tepat waktu.

2. Kerjakan Soal Sesuai Urutan

Pada soal psikotest biasanya terdapat waktu pengerjaan dengan syarat waktu yang berbeda-beda. Untuk itu, Anda harus menjawab pertanyaan sesuai urutan dan tepat waktu. Pada umumnya, setiap soal psikotest memiliki waktu 30-60 detik tiap soal pilihan ganda. Oleh karena itu, Anda harus mulai menentukan berapa waktu yang diperlukan untuk mengisi soal.

3. Fokus dan Konsentrasi

Dibutuhkan fokus dan konsentrasi penuh dalam mengerjakan soal psikotest lamaran kerja. Selain itu, jika Anda tidak fokus dan konsentrasi maka bisa saja hasil yang didapat tidak sesuai harapan.

Baca juga : Absen Balapan, Marc Marquez Alami Diplopia, Ini Penjelasannya

4. Gunakan Proses Eliminasi

Menggunakan proses eliminasi merupakan salah satu tips dan trik mengerjakan soal psikotest lamaran kerja. Cara ini Anda bisa lakukan saat menemukan pertanyaan yang tidak Anda ketahui jawabannya. Anda bisa mulai membaca dengan cermat setiap kemungkinan jawaban, lalu eliminasi opsi yang paling tidak masuk akal.

Sekali pun Anda bingung dengan pertanyaan tersebut, Anda dapat gunakan akal sehat dan pengetahuan Anda sebelumnya tentang topik psikologis untuk menentukan kemungkinan jawaban yang benar.

5. Baca Setiap Pertanyaan dengan Teliti

Membaca setiap pertanyaan dengan teliti merupakan tips yang harus Anda gunakan dalam mengerjakan soal psikotest apa pun. Sebab, saat Anda mulai membaca pertanyaan dengan teliti, mungkin Anda langsung merumuskan tanggapan bahkan sebelum selesai membacanya.

Selain itu, Jika Anda memilih jawaban sebelum benar-benar membaca pertanyaan dengan teliti, kemungkinan Anda akan melewatkan informasi penting atau bahkan memilih jawaban yang salah.

 


(ADI)

Berita Terkait