100 Tahun Gontor, Gubernur Khofifah Optimis Gontor Putri sebagai Produsen SDM Unggul

Bendera 100 tahun Gontor Bendera 100 tahun Gontor

Ngawi: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa optimis Pondok Modern Darussalam Gontor Putri 1, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, mempunyai andil sebagai penyumbang sumber daya manusia (SDM) unggul.

Pendidikan yang berjalan di pesantren tersebut menjadi alasan pertumbuhan SDM yang progresif dan berdaya saing.

"Pendidikan yang dikembangkan Pondok Gontor terus memberikan dampak pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Bahkan pendidikan di Gontor menjadi bagian penting dalam membangun peradaban umat dan kemanusiaan," ujar Khofifah, dikutip dari Antara, Kamis, 28 September 2023.

Khofifah berkesempatan memberikan sambutan pada Sujud Syukur 100 tahun Gontor. Dia mengatakan perjalanan Pesantren Gontor selama 100 tahun telah melahirkan produk unggul di tengah kehidupan masyarakat bangsa, negara, dan dunia.

Pada kesempatan itu, Khofifah meminta agar model pendidikan di Pesantren Gontor yang selalu memanusiakan manusia turut menjaga harkat dan martabat manusia seutuhnya.

"Inilah yang menjadi salah satu tantangan bagaimana peradaban kemanusiaan itu harus dibentengi oleh seluruh elemen strategis, terutama yang berbasis pesantren," imbuh dia.

Khofifah mengaku Pemprov Jatim telah berupaya memperkuat pendidikan berbasis pesantren. Seperti pemberian beasiswa ke Universitas Al-Azhar Mesir bagi mahasiswa Jatim.

Rencananya, Jatim memiliki 80 doktor yang berlatar belakang pesantren dari beasiswa Pemprov Jatim.

Sementara itu, Gubernur Khofifah beserta Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid dan didampingi para pimpinan pondok meresmikan Masjid Baitul Fauziah Pondok Modern Gontor Putri 1.

“Di satu abad Gontor hari ini artinya juga saat ini kita sudah memasuki abad ke-2 Pondok Gontor. Yang mudah-mudahan terus berkembang memberikan kemanfaatan yang besar," pungkas Khofifah.


(SUR)

Berita Terkait