Mahfud MD Berharap Alumni Pesantren Jadi Pemimpin Indonesia

Etika kepemimpinan. Tribrata Polri Etika kepemimpinan. Tribrata Polri

Jember: Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD supaya alumni pesantren berperan sebagai pemimpin Indonesia yang berkarakter berani dan jujur. Pesan itu ia sampaikan pada kesempatan dalam tausiah kebangsaan di Pondok Pesantren Al-Falah, Jember, Jawa Timur, Minggu, 24 September 2023.

"Saya punya optimisme pada Indonesia emas nanti. Indonesia butuh generasi emas dari pesantren, namun pemimpin yang berani dan jujur," ujar Mahfud dikutip dari Media Indonesia, Senin, 25 September 2023.

Saat ini, dia melihat banyak alumni pondok pesantren mengisi kursi kepemimpinan di Indonesia. Siapa yang yang memiliki kompetensi dia yakini bisa menjadi pemimpin karena Indonesia sudah merdeka.

Mahfud mengajak segenap warga Ponpes Al-Falah untuk berani tampil sebagai pemimpin. Seluruh siswa pesantren harus belajar secara serius ihwal kepemimpinan yang berkarakter.

Dia juga sempat menyinggung bendera merah putih yang dipegang para santri. Bendera kombinasi warna merah dan putih merupakan simbol negara Indonesia telah berdaulat.

Warna merah pada bendera berarti berani. Namun, putih juga mengandung makna keberanian tapi dalam konteks kebenaran. Mahfud berpesan agar para santri kelak menjadi pemimpin yang berani melawan kebatilan.

Selain itu, Bupati Jember Hendy Siswanto bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Jember turut menghadiri acara itu. Menurutnya, ada banyak potensi sumber daya manusia di Kabupaten Jember sebagaimana yang diisyaratkan Mahfud cocok sebagai pemimpin bangsa di masa depan.


(SUR)

Berita Terkait