5 Cara Hemat Sesuai Anjuran Islam

ilustrasi (ist) ilustrasi (ist)

CLICKS: Hemat pangkal kaya! Begitulah pribahasa yang kerap kita dengar sejak kecil. Sementara di era pandemi covid-19 ini, hemat menjadi cara masyarakat menghadapi kesulitan ekonomi. 

Sebagai Muslim, Islam mengajarkan untuk selalu berhemat dan melarang perilaku boros dalam mengelola apapun, termasuk harta yang dimiliki. Agar pengeluaran sebanding dengan pemasukan.

Allah SWT berfirman:

“Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya, kepada orang miskin dan orang yang dalam perjalanan; dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.” (QS. Al-Isra’ : 26)

Berikut beberapa langkah hidup hemat menurut Islam yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dikutip dari oase.id :

1. Puasa

Salah satu cara berhemat dan memperoleh pahala yakni berpuasa. Dengan berpuasa pastinya kita akan mengurangi jumlah pengeluaran. Salah satunya pengeluaran ketika makan siang. Karena sedang berpuasa, uang yang biasa dikeluarkan untuk makan siang bisa disimpan. Selain itu, berpuasa juga memberikan banyak manfaat untuk kesehatan.

2. Atur Anggaran

Sebelum berbelanja kebutuhan bulanan, pastikan untuk membuat anggaran yang diperlukan, seperti kebutuhan masak, kebutuhan air dan lain-lain. Dengan membiasakan menulis anggaran kebutuhan bulanan akan menekan pengeluaran yang tidak perlu sehingga akan lebih hemat.

BACA: Termasuk Kikir, Ini 3 Penyakit Hati yang Harus Dihindari Umat Islam

3. Hindari Utang

Walaupun hukum berutang tidak dilarang, namun kebiasaan utang akan membuat kebutuhan sehari-hari jadi susah untuk dikontrol (berhemat). Dalam Islam pun mengatur tentang utang karena menyangkut dalam sektor ekonomi. Jika memiliki utang, segera lunasi. Sebab, utang merupakan hal yang memberatkan hidup di dunia maupun di akhirat.

Ibnul Qoyyim dalam Al Fawa’id (hal. 57, Darul Aqidah) mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam meminta perlindungan kepada Allah dari berbuat dosa dan banyak utang karena banyak dosa akan mendatangkan kerugian di akhirat, sedangkan banyak utang akan mendatangkan kerugian di dunia.”

4. Sedekah

Selain memberi banyak kebaikan, dengan bersedekah maka harta yang dimiliki akan jauh lebih berkah. Tentunya bersedekah tidak akan mengurangi harta seseorang. Allah berfirman 

"Katakanlah, "Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya." Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik." (QS. Saba': 39)

5. Menabung

Sisa dari pengeluaran bulan yang telah dibelanjakan, sebaiknya disisihkan untuk ditabung. Dengan cara ini kita akan memiliki dana simpanan untuk keperluan mendesak atau di masa depan. Dalam riwayat hadist H.R Bukhari, 
"Simpanlah sebagian dari harta kamu untuk kebaikan masa depan kamu, karena itu jauh lebih baik bagimu."


(TOM)

Berita Terkait