Termasuk Kikir, Ini 3 Penyakit Hati yang Harus Dihindari Umat Islam

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS: Penyakit 'hati' dalam Islam bukan terkait kesehatan jasmani seperti liver kerusakan organ hati atau lainnya. Tetapi, penyakit hati yang diartikan sebagai bentuk perasaan dalam hati yang memengaruhi perilaku dan sifat pada dirinya sendiri maupun sesama muslim.

Dalam Al-Quran, QS At Taubah: 125, Allah SWT berfirman:

“Dan adapun orang-orang yang di dalam hati mereka ada penyakit, maka dengan surat itu bertambah kekafiran mereka, disamping kekafirannya (yang telah ada) dan mereka mati dalam keadaan kafir.”

Hal ini tentu harus dihindari oleh seluruh umat Islam agar tidak berujung pada kekafiran hingga mati dalam keadaan kafir. Sebagai muslim senantiasa untuk selalu menjaga hati dari sifat penyakit yang dibenci Allah SwWT.

Berikut 3 jenis penyakit hati yang harus diwaspadai dan dihindari karena mampu merusak keimanan seseorang:

1. Iri dan Dengki

Iri dan dengki merupakan sifat yang menunjukan rasa ketidaksukaan ketika orang lain mendapatkan kebahagiaan dan berujung pada mendoakan agar orang lain cepat kehilangan rasa bahagianya. Allah Swt pun memerintahkan seluruh umat-Nya untuk menjauhi penyakit hati ini;


“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS An Nisa : 32)

Bahkan, Rasulullah ? memperingati bahaya penyakit iri dan dengki, dalam hadits yang diriwayatkan HR. Abu Dawud : “Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu”.

2. Sombong atau Takabur

Penyakit hati selanjutnya berkaitan dengan perasaan bangga pada dirinya sendiri dan menganggap bahwa hanya dirinya yang mampu mendapatkannya. Dalam QS Al Isra :37, Allah Swt memerintahkan untuk tidak sombong;

"Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung."

3. Kikir

Kikir merupakan salah satu penyakit hati dimana seseorang tidak mau memberikan sedikit hartanya kepada orang yang membutuhkan sementara dia memiliki harta yang cukup. Allah SWT berfirman;

“Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil dengan harta yang Allah berikan kepada mereka dari karunia-Nya menyangka, bahwa kebakhilan itu baik bagi mereka. Sebenarnya kebakhilan itu adalah buruk bagi mereka. Harta yang mereka bakhilkan itu akan dikalungkan kelak di lehernya di hari kiamat. Dan kepunyaan Allah-lah segala warisan (yang ada) di langit dan di bumi. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Qs Al Imran : 180)

Dalam sebuah riwayat juga dijelaskan :

“Tiga hal yang membawa pada jurang kebinasaan: (1) tamak lagi kikir, (2) mengikuti hawa nafsu (yang selalu mengajak pada kejelekan), dan ujub (takjub pada diri sendiri).” (H.R. Abdur Razaq, hadist hasan)

 


(TOM)

Berita Terkait