Penerbangan Harian Rute Surabaya-Kuala Lumpur Mulai Dibuka 19 Oktober

Salah satu pesawat terbang yang sedang terparkir di untuk melayani penumpang (ANTARA/Abd Malik Ibrahim) Salah satu pesawat terbang yang sedang terparkir di untuk melayani penumpang (ANTARA/Abd Malik Ibrahim)

Maskapai penerbangan Lion Air melayani keberangkatan dari  Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya (SUB) di Sidoarjo, Jawa Timur, menuju Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur (KUL) Malaysia setiap hari. Penerbangan harian itu dibuka mulai 19 Oktober 2022. 

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro, mengatakan Surabaya menjadi salah satu penghubung (hub) untuk rute internasional. 

"Penerbangan menuju Malaysia menjadi pilihan baru yang berasal dari Jawa Timur seperti Malang, Banyuwangi, Sumenep, Jember dan daerah lainnya seperti Yogyakarta, Solo, Semarang, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, 

Palangkaraya dan kota lainnya," ujar Danang, dikutip dari Antara, Minggu, 16 Oktober 2022.

Danang mengatakan rute Surabaya - Kuala Lumpur juga menyediakan penerbangan lanjutan ke sejumlah negara di Asia. "Ada beberapa rute tujuan yang terkoneksi yaitu Asia Tenggara seperti Vietnam, Singapura, Bangkok, Kamboja," ujarnya.

 

Terdapat juga rute tujuan ke sejumlah negara di Asia Selatan seperti India, Bangladesh, Nepal, Pakistan, China,dan  Australia. Danang optimis  penerbangan rute Lion Air Surabaya-Kuala Lumpur-Surabaya ini akan memberikan nilai lebih.

“Pertama dapat menyediakan pilihan baru terbang dari Indonesia ke Kuala Lumpur setelah dari Jakarta, Bali, dan Deli Serdang Sumatera," ungkap Danang.

Rute ini juga dapat mendukung pengembangan potensi daerah dan negara untuk produktivitas pebisnis, pelancong dan logistik berbagai negara yang terhubung dari Indonesia. Selain itu juga berkontribusi sebagai salah satu upaya percepatan pemulihan perekonomian secara regional di kawasan Asia Tenggara.

Ia mengatakan, rute baru ini dioperasikan menggunakan jenis pesawat Boeing 737-800NG (189 kelas ekonomi) dan Boeing 737-900ER (215 kelas ekonomi).

"Armada tersebut, merupakan generasi modern dan baru yang dikirim dari pabrikan pesawat," kata Danang. 

BACA: Gangguan Mesin, Pesawat Sriwijaya Air Rute Makassar-Surabaya Kembali Mendarat


(SUR)

Berita Terkait