Paruh Pertama Tahun 2022 Menjadi Penjualan Album K-pop Tertinggi: BTS Berada di Puncak

Logo dari album terbaru grup idola K-pop BTS (ANTARA/Hype) Logo dari album terbaru grup idola K-pop BTS (ANTARA/Hype)

Perusahaan pelacak penjualan dan streaming di Korea Selatan, Circle Chart mengungkapkan penjualan album K-pop mencapai level tertinggi sepanjang masa pada paruh pertama tahun ini pada Minggu, 17 Juli 2022, waktu setempat. Penjualan gabungan dari 400 album fisik teratas di Korea Selatan meningkat menjadi 34,9 juta kopi di paruh pertama.

Kepala Peneliti Circle Chart, Kim Jin-Woo, mengatakan data tersebut menunjukkan peningkatan penjualan sebesar 34,6 persen jika dibanding waktu yang sama pada tahun lalu. Penjualan album K-pop ini terus meningkat sejak tahun 2018 dan meningkat drastis sejak pandemi. Pada 2021, album fisik terjual sebanyak 25,96 juta.

Berdasarkan artis, grup BTS menduduki peringkat pertama dalam daftar jumlah album yang terjual di paruh pertama tahun 2022, yaitu sebanyak 4,52 juta kopi. Kedua diikuti oleh NCT Dream dengan 3,98 juta kopi. Kemudian, berikutnya ada Seventeen dengan 2,72 juta kopi. Tomorrow X Together (TXT) dengan 2,10 juta kopi. Stray Kids dengan 2,07 juta kopi, dan Lim Young-Woong dengan 1,14 juta kopi.

Album antologi BTS berjudul Proof yang rilis pada 10 Juni kemarin merupakan album yang terjual paling banyak, yaitu sekitar 2,96 juta kopi. Ada juga 17 album sebelumnya oleh grup tersebut seperti “Be” dan “Butter” masih laris.

 

Baca Juga: Jangan Ngaku Kpopers Jika Belum Tahu Weverse, Apa Itu?

 

Album penuh dari Seventeen berjudul Face the Sun juga meraih penjualan yang baik sebanyak 2,37 juta kopi.

“Sebanyak delapan grup atau penyanyi memiliki album yang terjual lebih dari satu juta kopi di paruh pertama,” kata Kim, dikutip dari Antaranews.com, Selasa, 19 Juli 2022.

Selain melacak penjualan album dalam Korea Selatan, Circle Chart juga menyediakan data penjualan album di pasar luar Korea Selatan secara terpisah. Album “Face the Sun” milik Seventeen secara keseluruhan terjual sekitar 10,32 juta kopi di luar negeri ginseng tersebut.

Grup NCT Dream dengan album studio keduanya yang berjudul Glitch Mode berhasil menjual sebanyak 745.522 eksemplar atau sekitar 95,4 persen dari total penjualan hari pertama pada 28 Mei di luar Korea Selatan.

Hal ini terjadi karena penggemar di luar Korea Selatan memiliki pengaruh besar terhadap penjualan album K-pop. Ini ditandai dengan pencapaian BTS dan Stray Kids yang menduduki puncak tangga album utama Billboard 200 pada paruh pertama tahun ini.


(SUR)