Subhanallah, Bocah SD di Malang Rela Sisihkan Uang Jajan demi Beli Kambing Kurban

Sosok Muhammad Izzuddin yang rela menyisihkan uang jajan untuk berkurban (Foto / Istimewa) Sosok Muhammad Izzuddin yang rela menyisihkan uang jajan untuk berkurban (Foto / Istimewa)

MALANG : Muhammad Izzuddin (10), bocah kelas 4 SD di Malang, menitipkan kambing untuk berkurban di Hari Raya Idul Adha ke Masjid Al Hidayah, Pandanwangi, Blimbing, Kota Malang, Kamis 29 Juni 2023. Kambing itu dibeli dari hasil menabung separuh uang jajan yang setiap hari diterima dari orang tuanya. Putra ketiga pasangan suami istri Rahmad Eko Firmansyah dan Anis Nooryani itu mengaku ingin membeli kambing sejak lama.

Untuk mewujudkan keinginannya itu, dia rela menabung separuh dari uang jajan hariannya, Rp5.000, setiap hari.Bahkan, untuk mewujudkan keinginannya itu, tak jarang dirinya rela tidak membeli jajan di sekolahnya. Selain karena sudah membawa bekal makanan dari rumah.

"Uangnya selalu dititipkan ke orang. Setiap hari saya menabung separuh dari uang saku sekolah Rp5.000, buat beli kambing Idul Adha," kata Muhammad Izzuddin di Malang, Kamis 29 Juni 2023.

Muiz, sapaan akrabnya, menjelaskan dirinya sudah dilatih orang tuanya menabung sejak kelas 1 SD. Bocah yang saat ini mengenyam pendidikan di salah satu sekolah SD Islam di Sidoarjo tersebut akhirnya bisa mengumpulkan uang Rp6 juta.

baca juga : Tradisi Toron Idul Adha, Ribuan Warga Madura Padati Jembatan Suramadu

"Uang menabung sudah Rp6 juta, saya minta ke mama untuk membelikan kambing yang besar, untuk dibawa ke masjid," ujarnya.

Dari tabungan yang terkumpul itulah, akhirnya dia diajak membeli seekor kambing seharga Rp3,5 juta. Kambing itu langsung diberi nama Muiz, sesuai dengan namanya dan diserahkan ke Masjid Al Hidayah, Pandanwangi, Kota Malang. "Kambing sudah diserahkan ke takmir masjid Al Hidayah," ujar Orang Tua Muiz, Anis Nooryani.

Anis membenarkan putranya menabung sejak kelas 1 SD sampai sekarang. Dari dulu, anaknya bercita-cita ingin menabung dan bisa membeli kambing. "Anak saya menabung sudah lama, ya memang keinginannya sejak dulu saat Idul Adha ingin membeli kambing dari uang tabungannya," ungkapnya.

Dia sebagai orang tua mengaku bersyukur anaknya yang masih usia dini bisa berbagi pada saat perayaan Idul Adha. "Alhamdulillah masih kecil bisa punya niat beribadah kurban," kata Anis.

Sementara itu, Takmir Masjid Al Hidayah, Ali Mahrus, membenarkan Muiz menyerahkan satu ekor kambing untuk berkurban. Bahkan, setelah penyerahan, Muiz juga diberi kartu tanda terima dari takmir masjid.

"Iya benar, panitia sudah menerima kambing dari anak SD bernama Muhammad Izzudin. Kambing sudah kami terima dan juga sudah kami beri kartu serah terima," kata Ali Mahrus.

Pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, Masjid Al Hidayah Pandanwangi menyembelih hewan kurban sebanyak 2 ekor sapi dan 18 ekor kambing. Penyembelihan sapi dan kambing tersebut dilakukan secara syariat Islam dan disaksikan masyarakat sekitar.

 


(ADI)

Berita Terkait