Tradisi Toron Idul Adha, Ribuan Warga Madura Padati Jembatan Suramadu

Ribuan warga Madura memadati Jembatan Suramadu untuk melakukan tradisi toron saat Hari Raya Idul Adha (Foto / Istimewa) Ribuan warga Madura memadati Jembatan Suramadu untuk melakukan tradisi toron saat Hari Raya Idul Adha (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Ribuan warga Madura memadati Jembatan Suramadu untuk melakukan tradisi toron Hari Raya Idul Adha, Rabu 28 Juni 2023. Toron yakni tradisi warga Madura untuk pulang ke kampung halaman. Tingginya jumlah pemudik yang didominasi sepeda motor membuat kendaraan roda dua nekat menerobos jalur roda empat.

Salah seorang pemudik, Nurul Yadi, mengatakan bakal menghabiskan masa libur Idul Adha di kampung halaman selama tiga hari ke depan. "Mau pulang ke kampung, mau toron. Kurang lebih tiga hari di kampung. Karena lagi libur Idul Adha," ujar Yadi.

Ramainya pemudik yang mengendarai sepeda motor berbanding terbalik dengan mobil. Kendaraan yang melintasi Jembatan Suramadu terpantau sepi. Adapun toron merupakan tradisi yang selalu dilakukan warga Madura saat Idul Adha untuk pulang ke kampung halaman. Animo masyarakat Madura untuk mudik lebih tinggi saat Idul Adha dibanding Idul Fitri.

baca juga : Eri Pastikan Stadion GBT Siap Jadi Venue Piala Dunia U-17

Mereka akan berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman, untuk merayakan Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban.

 


(ADI)

Berita Terkait