Terbukti, Wanita Suka Pisang Bisa Terhindar dari Stroke

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS.ID: Makanan kaya akan kandungan potasium seperti pisang, salmon, dan aplukat terbukti dapat menurunkan risiko penyakit akibat konsumsi garam berlebihan pada wanita.

Hasil penelitian dari Amsterdam University Medical Centers, Belanda yang dilakukan Profesor Liffert Vogt menemukan hubungan antara potasium dengan penurunan tekanan darah pada wanita. Secara signifikan dapat menurunkan risiko penyakit mematikan akibat garam seperti stroke dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Penelitian tersebut dilakukan dengan melibatkan data rekam medis dari 11.267 orang lelaki dan 13.696 perempuan berusia 40 hingga 79 tahun. Mereka adalah para subjek penelitian yang dihimpun oleh Epic-Norfolk selama rentang tahun 1993 hingga 1997.

Mereka menjalani berbagai pemeriksan dasar seperti darah dan urin. Dari data yang dikumpulkan ditemukan hasil, orang yang memiliki kandungan tinggi potasium di urin dan darahnya memiliki kondisi tubuh yang lebih sehat dan minim potensi terkena penyakit kardiovaskular. Sebaliknya, yang tak memiliki cukup kadar potasium memiliki berbagai resiko penyebab penyakit kardiovaskular yang lebih tinggi.

BACA: Kantong Mata Hitam? Simak Cara Mengatasinya

Pada lelaki, hubungan antara keberadaan potasium di tubuh dengan resiko penyakit kardiovaskular tak terlalu besar. Sementara pada wanita, hubungannya dianggap relatif signifikan. Potasium dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular hingga 11% pada perempuan.

“Pencegahan paling utama sebenarnya tetap dengan menjaga pola makan dan meminimalisir konsumsi garam. Namun kita tahu dengan mobilitas masyarakat saat ini hak itu semakin sulit dihindari, jadi temuan seperti ini tetap akan sangat bermanfaat,” ujar Profesor Liffert Vogt, dilansir dari theguardian.com, Sabtu, (30/1).  

Untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal dari potasium, setiap wanita dewasa disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 3.500 miligram potasium per hari. Potasium tersebut harus didapatkan secara alami dari diet makanan sehat.

Jenis makanan yang dapat dijadikan pilihan adalah ragam buah khususnya pisang dan alpukat, kacang-kacangan, sayuran hijau, ikan, dan produk turunan susu. Tabel kandungan potasium dapat dicari tahu dari berbagai sumber di internet atau dengan konsultasi dengan ahli gizi.

Namun, sebagai contoh, Vogt menyebutkan, dalam 115 gram pisang terdapat kandungan 375 miligran potasium, dalam 154 gram salmon matang terdapat 780 miligram potasium, dan dalam 136 gram kentang terdapat 500 miligram potasium, sementara dalam secangkir susu terdapat 375 miligram potasium. 

“Dengan data rata-rata yang ada, paling mudah untuk menerapkannya adalah dengan mengonsumsi setidaknya lima porsi buah dan sayur dalam sehari,” ujar Vogt.

 


(TOM)

Berita Terkait