Kantong Mata Hitam? Simak Cara Mengatasinya

Mentimun menjadi salah satu buah yang paling ampuh mengatasi mata panda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com) Mentimun menjadi salah satu buah yang paling ampuh mengatasi mata panda. (Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

Clicks: Umumnya, kantong mata atau bengkak di bawah mata akan muncul seiring bertambahnya usia. Jika kulit sudah mengalami tanda-tanda penuaan, jaringan di sekitar mata termasuk beberapa otot yang mendukung kelopak mata akan melemah.

Tak hanya itu, lemak yang membantu menyangga mata atau cairan juga bisa bergerak ke kelopak mata bawah. Akibatnya, kantong mata bengkak. Bahkan, kulit di sekitar mata juga bisa jadi menghitam sehingga kerap disebut dengan mata panda.

Dilansir dari Gaya.id pada Jumat, 29 Juli 2022, untuk mengurangi warna hitam pada kantong mata, dapat simak bahan alami sebagai berikut:

1. Mentimun

Hampir seluruh masyarakat tahu bahwa selama bertahun-tahun mentimun dimanfaatkan sebagai salah satu cara alami untuk menghilangkan kantong mata. Ada beberapa kandungan di dalamnya yang mampu mengurangi kemerahan, bengkak, dan iritasi seperti ascorbic acid, antioksidan, dan flavonoids.

Kompres mata dengan potongan mentimun yang sudah didinginkan sebelumnya. Kemudian, diamkan selama sekitar 15 menit. Bisa juga dengan menghaluskan mentimun dengan cara diblender supaya mampu mencapai ujung bagian dalam mata.
 
2. Kentang

Cara lain untuk menghilangkan kantong mata secara alami adalah dengan menggunakan potongan kentang yang dingin. Ini mampu mengunci suhu dingin lebih lama dan membantu mengurangi kadar air dari kantong mata yang berasal dari kandungan astringent.

3. Susu

Mungkin terdengar sedikit aneh karena selama ini yang diketahui adalah susu untuk diminum. Namun, ternyata susu sering digunakan untuk mengobati bagian mata yang bengkak dan menggelap. Tak hanya whole milk, tetapi soy milk juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang sama. Caranya adalah dengan mencelupkan kapas ke dalam susu dingin dan peras perlahan. Lalu, gunakan untuk mengompres mata selama 10 hingga 15 menit.

 

Baca Juga: 9 Tips Atasi Kerutan di Wajah, Dijamin Jadi Awet Muda!


(SUR)

Berita Terkait