Kabut Asap di Banjarmasin, Pemprov Jatim Kirim Bantuan

Petugas BPBD Jatim memberangkatkan bantuan dari Surabaya untuk penanganan kabut asap dampak dari karhutla di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis, 5 Oktober 2023. ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim Petugas BPBD Jatim memberangkatkan bantuan dari Surabaya untuk penanganan kabut asap dampak dari karhutla di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Kamis, 5 Oktober 2023. ANTARA/HO-Biro Adpim Jatim

Surabaya: Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan bantuan penanganan kabut asap dampak kebakaran lahan hutan (karhutla) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Bantuan ini di antaranya puluhan ribu masker, termasuk masker kain dan respirator N95, dan sepuluh orang relawan dari tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Pemprov Jatim. 

"Begitu tadi saya lihat berita, langsung koordinasi dengan BPBD dan Dinas Sosial Provinsi Jatim  untuk mengirim bantuan. Hari ini bantuan langsung dibawa oleh BPBD Provinsi Jatim menuju Kalimantan Selatan dengan menggunakan pesawat. Ada 10 orang relawan dari BPBD dan Dinas Sosial Pemprov Jatim yang ditugaskan untuk mengawal bantuan tersebut," kata Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dikutip dari Antara, Jumat, 6 Oktober 2023.

Pemerintah Kota Banjarmasin telah menetapkan status Siaga Darurat Kabut Asap akibat karhutla tersebut. Kabut asap telah menyebabkan peningkatan kasus infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) serta memaksa Pemerintah Kota Banjarmasin menerapkan pembelajaran jarak jauh.

"Mari bersama bergotong royong saling membantu meringankan beban masyarakat. Semoga karhutla  bisa segera dipadamkan. Kita berikhtiar bersama untuk menanganinya. Di Jatim juga terjadi Karhutla. Kita bergotong royong untuk menanganinya," katanya.


(SUR)

Berita Terkait