Prakiraan Cuaca Jatim Hari Ini: Surabaya Raya Cerah, Kota Batu Hujan Petir

Ilustrasi Ilustrasi

SURABAYA: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memperdiksi cuaca di Jawa Timur cerah berawan pada Kamis, 15 Juni 2023. Hanya ada beberapa wilayah yang berpotensi hujan.

Pada pagi hari, cuaca berawan akan terjadi di beberapa wilayah. Diantaranya Banyuwangi, Batu, Kabupaten Blitar, Jombang, Jember, Kabupaten Kediri, Kabupaten Malang, Kota Blitar, Kota Kediri, Kota Malang, Lumajang, Pacitan, Trenggalek, Surabaya dan Trenggalek.

Siangnya, hujan ringan atau gerimis mengguyur Trenggalek. Hujan petir disertai angin kencang sesaat diprediksi melanda Kota Batu. Sementara itu, cuaca berawan menghiasi langit Kota Malang dan Jember.

Sedangkan, cuaca cerah bakal terjadi dil wilayah Gresik, Bondowoso, Kabupaten Madiun, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Kediri, Kota Pasuruan, Kota Probolinggo, Lamongan, Magetan, Nganjuk, Pamekasan, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep dan Kota Surabaya.

BACA: Buang Peluang, Indonesia Vs Palestina Berakhir Imbang

Berdasarkan laporan BMKG Juanda, prediksi anomali Outgoing Longwave Radiation (OLR) wilayah Jawa Timur bernilai negatif. Ada indikasi tutupan awan yang cukup signifikan.

Selain itu, adanya gangguan atmosfer yakni aktifnya Madden-Julian Oscillation (MJO) pada phase 3 yang mempengaruhi kondisi cuaca di wilayah Jatim. Kondisi ini berkontribusi terhadap peningkatan awan hujan di wilayah Indonesia khususnya di wilayah Jatim.

Anomali suhu muka laut secara umum menunjukkan nilai negatif di wilayah perairan selatan Jawa Timur, dan masih bernilai positif di perairan utara Jawa Timur (-1,0 s/d +1,5 derajat celsius).

 


(TOM)

Berita Terkait