Kota Besar Berpotensi Diguyur Hujan Akibat Dua Siklon Tropis

Arsip foto - Beberapa pengendara menerobos hujan di Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa (24/10/2023). (ANTARA FOTO/Arnas Padda/aww/pri) Arsip foto - Beberapa pengendara menerobos hujan di Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa (24/10/2023). (ANTARA FOTO/Arnas Padda/aww/pri)

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan siklon tropis di kawasan utara Papua Barat dan sebelah barat Bengkulu memengaruhi kondisi cuaca mayoritas kota-kota besar di Indonesia.

"Angin permukaan wilayah Indonesia umumnya didominasi dari arah timur laut hingga timur dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 kilometer per jam," ucap Prakirawan BMKG, Nurul Izzah Fitria dikutip dari Antara, Selasa, 16 April 2024.

Nurul menjelaskan sirkulasi siklonik yang terjadi di Samudra Pasifik sebelah utara wilayah Papua Barat dan Samudra Hindia sebelah barat wilayah Bengkulu membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudra Pasifik sebelah utara Papua dari Papua Pegunungan hingga Papua.

Kemudian, dari Papua Barat hingga Teluk Cenderawasih dari Aceh hingga Sumatra Barat, Kepulauan Riau, perairan utara Kepulauan Bangka Belitung hingga ke Sumatra Selatan. Fenomena tersebut membuat daerah konfluensi di Pulau Sumatra bagian tengah, utara Papua Barat Daya, dan Laut Arafuru.

"Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah sirkulasi siklonik konvergensi dan konfluensi tersebut," ucapnya.

Ia kemudian juga menambahkan prakiraan cuaca di Pulau Sumatra pada hari ini mayoritas berpotensi mengalami hujan petir. Masyarakat yang berada di daerah Medan, Pekanbaru, Tanjung Pinang, Padang, Pangkal Pinang, dan Bengkulu perlu mengawasi adanya hujan yang disertai dengan petir.

Daerah Banda Aceh, Bandar Lampung, Jambi, dan Palembang juga diprediksi akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Di Pulau Jawa, BMKG memprediksi hujan intensitas ringan hingga sedang di Serang, Surabaya, dan Bandung. Daerah Jakarta dan Yogyakarta diprediksi hanya akan berawan.

Di Kepulauan Sunda Kecil, hujan ringan dan sedang diprediksi akan terjadi di Denpasar dan Mataram, sedangkan Kupang diperkirakan hanya akan berawan.

Pada Pulau Sulawesi, Gorontalo dan Manado diperkirakan langit berawan. Sementara itu, Palu, Makassar, dan Kendari diprediksi hujan ringan, dan hujan lebat di Mamuju.

Adapun daerah yang disebut Nurul bersifat kondusif seperti Ternate dengan langit berawan. Hujan ringan akan mengguyur Manokwari dan Jayapura, dan hujan sedang di daerah Ambon.

Suhu udara diperkirakan berada di antara 19-35 derajat Celcius disertai dengan kelembapan 55-100%. Prakiraan tinggi gelombang laut cukup kondusif, yakni di angka 0,5-2,5 meter.

"Namun, perlu diwaspadai adanya potensi banjir rob di pesisir utara Jawa Tengah," kata Nurul.


(SUR)

Berita Terkait