BMKG: Waspada Potensi Angin Kencang di Wilayah Jawa Timur

Angin kencang landa dua desa di Bondowoso. Foto: ANTARA-HO-tangkapan layar YouTube Angin kencang landa dua desa di Bondowoso. Foto: ANTARA-HO-tangkapan layar YouTube

Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebanyak 19 provinsi di Indonesia diguyur hujan lebat pada Kamis, 16 Mei 2024. Salah satu wilayah yang terdampak cuaca buruk ialah wilayah Jawa Timur.

Berdasarkan laman resmi BMKG Jakarta, daerah yang berpotensi terkena guyuran hujan lebat adalah Provinsi Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Kemudian ada juga Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Selain itu, BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk berwaspada dengan hujan beserta petir di wilayah Sumatra Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Kalimantan Selatan.

Pada sebagian daerah seperti Sumatra Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Barat, diprediksi terjadi angin kencang.

BMKG mengingatkan masyarakat untuk juga mewaspadai hujan yang dapat berdampak banjir di wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku, dan Papua.


(SUR)

Berita Terkait