Mengintip 5 Akuarium Terbesar di Dunia, Isinya Bikin Takjub

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Memiliki akuarium di rumah tentunya sangat menyenangkan. Tapi ada juga akuarium besar yang menjadi tempat menarik untuk mengamati dan mempelajari kehidupan laut. Di seluruh dunia, terdapat banyak akuarium besar yang menawarkan pengalaman yang spektakuler bagi pengunjungnya.

Berikut daftar akuarium terbesar di Dunia yang dirangkum dari berbagai sumber, Minggu 28 Mei 2023.

1. Chimelong Ocean Kingdom

Chimelong Ocean Kingdom Whale Shark Exhibit Aquarium, terletak di dalam taman hiburan Chimelong International Ocean Resort yang sangat luas di Hengqin (China). Ini adalah akuarium terbesar dan terbaik di dunia. Ada kurang lebih lima hiu paus serta banyak spesies lain seperti pari manta, karang, dan hiu.

Chimelong Ocean Kingdom mencetak Guinness World Records karena memiliki kubah pemandangan bawah air terbesar di dunia dan tangki akuarium terbesar di dunia. Patung hiu paus biru raksasa berukuran 63 meter menjulang di atas akuarium terbesar di dunia, menjadikannya sebagai pemandangan yang luar biasa dari luar.

Penghargaan sebagai tangki terbesar di dunia diberikan kepada akuarium ini karena rekor volume 22,7 juta liter hanya mencakup tangki utama (sedangkan Georgia Aquarium, di Amerika Serikat berkapasitas 24 juta liter terdiri dari tangki utama, tangki penampung belakang, filter, dan pipa.

baca juga : 6 Kampung Mati Ini Sudah Dihapus dari Peta Indonesia, Ini Ulasannya

2. Akuarium Georgia, di Atlanta, Amerika Serikat

Akuarium Georgia adalah akuarium terbesar kedua di dunia. Di luar Asia, akuarium ini adalah satu-satunya institusi yang menampung hiu paus. Selain yang terakhir, spesimen penting akuarium termasuk paus beluga, lumba-lumba hidung botol, dan pari manta ada di sini. Hewan-hewan tersebut ditampilkan di lima galeri, yaitu Tropical Diver, Ocean Voyager, Cold Water Quest, River Scout, dan Dolphin Tales. Setiap galeri disesuaikan dengan lingkungan spesies yang hidup di galeri itu.

3. The S.E.A. Aquarium (South East Asia Aquarium)

The S.E.A merupakan akuarium terbesar yang ada di Pulau Sentosa, Singapura. Terdapat koleksi pari manta terbesar di dunia, termasuk manta ray yang unik di penangkaran. Aquarium ini termasuk yang terbesar di dunia dengan total volume air hingga 2014 ketika dilampaui oleh Kerajaan Laut Chimelong. Dengan ukuran tangki sebesar 18.17 juta liter. Terdiri dari empat puluh sembilan habitat yang berbeda, akuarium ini akan membawa para tamu dalam perjalanan bawah air mulai dari Asia Tenggara dan berlanjut hingga Teluk Arab dan Lautan Terbuka.

4. Aquarium Churaumi, Okinawa,Jepang

Akuarium ini adalah bagian dari Ocean Expo Park yang terletak di Motobu, di Pulau Okinawa. Tak hanya luas, akuarium ini dianggap yang terbaik Jepang. Tangki utama (Kuroshio) menampung hiu paus (2 saat ini) dan pari manta bersama sejumlah besar spesies ikan lainnya. Mengikuti Kuroshio Tank, ada beberapa tank dan pajangan menarik lainnya, termasuk area yang didedikasikan untuk hiu macan dan hiu banteng.

Total volume air di akuarium ini adalah 9,8 juta liter dengan tangki sebesar 7.5 juta liter. Area lain yang sangat mengesankan adalah area dengan kehidupan laut di perairan Okinawa yang sangat dalam, yang menampilkan berbagai ikan bioluminescent.

baca juga : Menilik Sejarah Bandar Grissee Gresik, Ikon Kota Tua yang Dihuni Perkampungan Arab dan Kolonial

5. Cube Oceanarium

Akuarium yang dibuka pada 2015 ini terletak di kota metropolis China, Chengdu, di dalam gedung berdiri akuarium terbesar di dunia, New Century Global Center. Lebih tepatnya terletak di dalam pusat perbelanjaan Seaside City, Cube Oceanarium menampung lebih dari 33.000 makhluk laut termasuk ubur-ubur terbesar di dunia atau raksasa. Tangki utamanya menampung dua hiu paus yang agak kecil dan banyak spesies ikan lainnya.

Cube Oceanarium saat ini memegang dua Rekor Dunia Guinness, yaitu satu untuk jendela akrilik terbesar di dunia dan jendela akuarium terbesar di dunia (lebar 39,65 m dan tinggi 8,3 m).

baca juga : Sejarah Megengan, Tradisi Masyarakat Jawa Menyambut Ramadan

 


(ADI)

Berita Terkait