7 Tips Bikin Usaha Frozen Foodmu Laris Manis

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Bisnis frozen food atau makanan beku bisa menjadi pilihan. Pasalnya, frozen food saat ini sedang digemari masyarakat. Karena frozen food sedang menjadi tren terutama di masyarakat perkotaan, maka peluang untuk mendatang cuan pun terbuka lebar.

Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui supaya bisnis frozen food laris manis. Nah, berikut ini tips ampuh bisnis frozen food:

1. Lakukan Riset

Tips pertama adalah melakukan riset tentang modal, bahan baku, hingga jenis produk yang dibutuhkan masyarakat sekitar. Riset juga produk kompetitor supaya produk Anda berbeda dengan kompetitor.

2. Tentukan Target Pasar

Hal penting lainnya adalah tentukan target pasar, pelanggan seperti apa yang menjadi target Anda. Apakah berdasarkan lokasi, usia atau lainnya. Dengan menentukan target pasar akan membantu Anda menyiapkan strategi pemasaran yang akan digunakan.

3. Pilih Jenis Produk

Setelah melakukan riset dan menentukan target pasar, pilih jenis produk frozen food yang akan dijual. Ada berbagai jenis produk yang bisa Anda pilih, seperti frozen food siap makan, perlu dihangatkan atau diolah kembali. Sebaiknya fokus pada satu jenis produk dan pilih produk yang unik atau kreasikan produk Anda supaya memiliki ciri khas atau berbeda dengan kompetitor.

Baca Juga : Mencoba Bisnis di Usia Mahasiswa, Ini 5 Rekomendasinya

4. Siapkan Peralatan

Peralatan untuk seperti mesin pendingin atau freezer sangat penting dalam bisnis frozen food. Selain itu, timbangan, kendaraan yang dilengkapi dengan kotak pendingin, hingga generator supaya freezer tetap berfungsi saat listrik mati. Karena itu, siapkan peralatan mesin pendingin supaya bisnis Anda berjalan lancar.

5. Pilih Produsen Terpercaya

Jika Anda tidak menyiapkan produk sendiri, bisa membeli dari produsen lain, pilihan produsen yang terpercaya dan memiliki reputasi baik, dengan kualitas produk yang baik dan berizin BPOM. Nah, jika Anda ingin membuat produk sendiri, makan harus mendaftarkan produk tersebut untuk mendapatkan lisensi makanan dari BPOM dan sertifikat halal dari MUI. Dengan lisensi tersebut, konsumen akan lebih percaya dengan produk Anda.

6. Perhatikan Kualitas dan Pengemasan

Perhatikan kualitas produk dan kemasan produk dalam keadaan baik. Artinya, produk tersebut dalam kondisi baik, tidak basi, dan tidak melewati tanggal kedaluwarsa serta kemasan tidak rusak atau sobek.

7. Go Digital

Di era digital, sudah saatnya Anda tidak hanya menjual produk secara offline tapi juga online. Anda bisa membuat situs web sendiri atau mendaftar di platform e-commerce untuk menjual frozen food. Anda juga bisa mempromosikan dan menjual produk lewat media sosial, seperti Facebook dan Instagram.

 


(ADI)

Berita Terkait