Uniknya Panorama Kampung Jodipan di Malang, Serasa di Argentina!

Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon Foto: Medcom.id/Anggi Tondi Martaon

Clicks: Di Argentina, terdapat kampung warna-warni bernama La Boca. Di sana memang terdapat banyak seniman, sehingga mereka memanfaatkan rumah-rumah penduduk sebagai pergelaran seninya. 

Tak kalah dengan Argentina, Indonesia pun juga memiliki destinasi wisata yang sama kerennya, yaitu Kampung Warna Warni Jodipan. Tepatnya kampung ini berada di Kota Malang. 

Siapa sangka di pinggir Sungai Brantas terdapat deretan rumah dengan cat berwarna-warni menghiasi dinding rumah para penduduk di sana. Hal inilah yang akhirnya menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung. Perpaduan warna yang terkesan artistik, tentu membuat kawasan ini menjadi spot foto yang bagus atau instagramable.

Selain itu, yang tak kalah menariknya, di sana juga terdapat jembatan kaca “Ngalam” (dibaca Malang). Jembatan ini adalah penghubung antara Kampung Jodipan dengan Kampung Tridi. Tempat ini juga biasa dijadikan spot foto, apalagi pemandangannya juga keren.

Tiket masuk ke Kampung Warna Warni Jodipan ini terbilang murah, yaitu Rp3.000. Fasilitas di sana juga cukup memadai, mulai dari tempat parkir, toilet umum hingga musala. Untuk tarif parkirnya akan dikenakan biaya Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Sangat terjangkau bukan?

Sayangnya, semenjak pandemi covid-19 melanda, jumlah pengunjung kampung tersebut turun drastis. Jumlah pengunjung yang dahulu bisa mencapai seribuan orang per hari, kini hanya ada seratus tamu dalam sehari. Jumlah itu pun sudah dianggap sangat lumayan.

Pengelola tempat wisata itu juga sudah menyediakan tempat cuci tangan yang layak, mengingat kondisi saat ini bisa dibilang tidak seperti dahulu lagi. Sehingga, pengelola wajib menerapkan protokol kesehatan di Kampung Jodipan. 

Para pengunjung juga wajib memakai masker selama di sana. Bahkan, di beberapa sudut juga dipasangi papan peringatan yang berisikan aturan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak).

Jadi, tunggu apalagi! Buat kalian yang gemar mengambil foto serta mem-posting foto menarik di media sosial, tempat wisata Kampung Warna-Warni Jodipan ini merupakan destinasi wisata yang tepat buat Anda kunjungi.
 


(SYI)