Kantor Imigrasi Malang dan PT Pos Indonesia Kerja Sama Mempermudah Layanan untuk Masyarakat

Kepala Kantor Imigrasi Malang Galih Priya Kartika Perdhana (kanan) dan Kepala PT Pos Indonesia Cabang Malang, Ahmad Ridwan menunjukkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Kota Malang, Jawa Timur. Foto: ANTARA-HO-Humas Kemenkumham Jatim Kepala Kantor Imigrasi Malang Galih Priya Kartika Perdhana (kanan) dan Kepala PT Pos Indonesia Cabang Malang, Ahmad Ridwan menunjukkan Perjanjian Kerja Sama (PKS) di Kota Malang, Jawa Timur. Foto: ANTARA-HO-Humas Kemenkumham Jatim

Malang: Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Malang mempermudah pelayanan untuk masyarakat dengan program pengiriman paspor dan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) menjadi lebih efisien.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Timur, Heni Yuwono, mengatakan kemudahan pelayanan tersebut diberikan usai menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia.

Heni menjelaskan, inovasi pelayanan berupa pengiriman paspor dengan jasa PT Pos Indonesia itu menjadikan Kantor Pelayanan Imigrasi Malang menjadi terdepan dalam melayani masyarakat dengan baik.

Dengan berbagai inovasi yang dilakukan Kantor Imigrasi Malang itu, diharapkan dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dengan semangat sinergi dan kolaborasi yang telah dijalankan.

"Kami mengapresiasi langkah yang diambil Imigrasi Malang. Kami yakin Imigrasi Malang bisa meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani dengan semangat sinergi dan kolaborasi yang dijalankan," tutur Heni dikutip dari Antara, Jumat, 17 Mei 2024.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kantor Imigrasi Malang Galih Priya Kartika Perdhana menambahkan bahwa kerja sama yang terbentuk dengan PT Pos Indonesia penting dalam memenuhi kebutuhan publik.

Ditandatanganinya kerja sama antara keduanya, diharapkan dapat meningkatkan pelayanan paspor untuk memenuhi layanan paspor yang menjadi salah satu layanan utama di Imigrasi Malang.

"Penandatanganan PKS ini menandai kerja sama yang erat antara instansi dan BUMN untuk memastikan pengiriman paspor dan pembayaran PNBP paspor atau payment gateway yang lebih efisien dan andal bagi masyarakat," ucap Galih dikutip dari Antara, Jumat, 17 Mei 2024.

Di samping itu, Kepala PT Pos Indonesia Cabang Malang, Ahmad Ridwan, menerima dengan baik kesempatan untuk mendukung pelayanan publik menjadi lebih baik dari Kantor Imigrasi Malang. Ia pun berharap kerja sama itu dapat terjalin dalam jangka waktu yang panjang.

"Tentu kami berharap kerja sama yang baik ini bisa terus berlangsung ke depannya," tutur Ahmad Ridwan dikutip dari Antara, Jumat, 17 Mei 2024.

Dalam Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kantor Imigrasi Malang dan PT Pos Indonesia mencakup beberapa aspek seperti peningkatan sistem pelacakan pengiriman, pengiriman yang cepat dan jaminan keamanan pengiriman paspor serta pembayaran PNBP paspor.

Kerja sama itu diharapkan dapat memberikan manfaat konkret bagi masyarakat dalam layanan pengiriman paspor tidak hanya di Malang, tetapi juga seluruh Indonesia.


(SUR)

Berita Terkait