Nekat Gelar Pesta Pernikahan, Satu Dusun di Malang Dilockdown

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

MALANG : Dusun Krajan Tengah, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang terpaksa dilockdown. Kegiatan warga juga dibatasi. Hal ini dipicu adanya 5 orang dusun tersebut yang dinyatakan terpapar covid-19. Penyebaran virus tersebut diduga setelah adanya pesta pernikahan di dusun tersebut.

Ratusan warga harus terisolasi di dusunnya selama 14 hari kedepan hingga dinyatakan sembuh dari paparan virus covid-19. Nampak petugas satgas covid-19 Kecamatan Sumbermanjing Wetan, menjaga ketat batas antar desa menuju Dusun Rowotrate, Desa Sitiarjo.

Kepala Dusun Krajan Tengah, Sugiono mengatakan terpaparnya sejumlah warga ini bermula dari acara hajatan pernikahan yang diselenggarakan kepala Desa Rowoterate dan dihadiri ratusan undangan. Usai acarapun, sejumlah warga yang turut membantu gelaran pernikahan itu mengeluh sakit. Akhirnya pihak puskesmaspun melakukan swab test pada warga dan mendapati lima di antaranya positif terpapar covid-19.

BACA JUGA : Kontak Erat dengan Bupati, Dua Pejabat Eselon 2 Ponorogo Jalani Isolasi

" Untuk mengantisipasi penyebaran, kami berkoordinasi dengan satgas covid-19 melakukan sejumlah langkah termasuk melakukan penutupan total pada akses desa. Lalu, penyemprotan disinfekatan ke rumah warga serta tracing dan swab test massal untuk warga Dusun Rowotrate," terangnya.

Untuk diketahui jumlah warga di Dusun Rowotrate yang harus menjalani isolasi total yaitu sebanyak 238 kepala keluarga, yang terdiri dari 654 jiwa. Kemudian, selama 14 hari kedepan tak boleh keluar dari wilayah dusunnya.

 


(ADI)

Berita Terkait