Banjir Lamongan Meluas ke 45 Desa

Banjir di Lamongan meluas hingga 45 desa di 6 kecamatan (Foto / Istimewa) Banjir di Lamongan meluas hingga 45 desa di 6 kecamatan (Foto / Istimewa)

LAMONGAN : Banjir luapan Sungai Bengawan Jero di Kabupaten Lamongan meluas ke 45 desa. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lamongan, 45 desa yang terdampak banjir berada di enam kecamatan, yakni Kecamatan Deket, Glagah, Karanggeneng, Karang Binangun, Kalitengah dan Kecamatan Turi.

Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Lamongan Muslimin mengatakan, banjir di enam kecamatan tersebut terendam 5.900 rumah, 50 fasilitas pendidikan, ribuan hektare tambak serta 80 kilometer jalan raya. "Banjir terus meluas. Sampai sekarang sudah ada 45 desa di enam kecamatan yang terdampak. Banjir ini terjadi akibat luapan Sungai Bengawan Jero," katanya, Jumat 24 Februari 2023.

Muslimin mengatakan, banjir yang sudah berlangsung selama dua minggu. Namun, tidak ada tanda-tanda akan surut. Di tahun-tahun sebelumnya, banjir seperti ini akan bertahan hingga dua bulan ke depan. Karena itu warga berharap pemerintah pusat hingga daerah segera turun tangan, agar banjir segera teratasi dan tidak terjadi lagi di tahun-tahun mendatang.

baca juga : 27 Penimbunan BBM Bersubsidi Senilai Rp25 Miliar Diringkus

Sementara itu, masyarakat masih beraktivitas meski terganggu. Beberapa di antara mereka bahkan terpaksa harus menggunakan perahu untuk mobilitas setiap hari.

 


(ADI)

Berita Terkait