Mudah, Ini 5 Perkara Sunah yang Dilakukan Rasulullah

Ilustrasi Ilustrasi

CLICKS.ID: Banyak perkara sunah yang dianjurkan oleh Rasulullah ? untuk meningkatkan keimanan dan menambahkan nilai pahala kita sebagai umat muslim.

Dari Amr Bin Auf bin Zaid Al Muzani RA, Rasulullah Shalallahu'alaihi wasalam bersabda:

“Orang yang menghidupkan satu sunah dari sunah-sunahku, kemudian diamalkan oleh manusia, maka dia akan mendapatkan (pahala) seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikit pun." (HR Ibnu Majah:209).

Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa perkara sunnah yang dikerjakan Rasulullah setiap hari dan patut dicontoh:

1. Menjaga wudhu

Rasulullah selalu menjaga diri dalam keadaan suci dan berwudhu, tentunya perkara ini memiliki maksud tertentu yakni, jika seseorang menjaga wudhu maka akan selalu menjaga jiwa dan raga untuk tidak melakukan perbuatan yang mengundang dosa. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Barangsiapa yang membaguskan wudhu keluarlah dosa-dosanya dari jasadnya sampai keluar dari  bawah kukunya.” (HR. Muslim  no. 245)

2. Dzikir di pagi dan petang

Berdzikir menjadi perkara paling mudah dan paling dicintai Rasulullah dengan berdzikir kita bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan terhindar dari golongan orang-orang yang lalai. Seperti fiman Allah dalam Al-Quran,

“Dan ingatlah Tuhanmu dalam hatimu dengan rendah hati dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, pada waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lengah.” (QS. Al Araf:205)

3. Salat dhuha

Keajaiban yang diperoleh orang-orang yang senantiasa mendirikan salat dhuha adalah dilancarkan rejekinya dan dianggap bersedekah. Diriwayakan oleh Abu Hurairah RA, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah sedekah.” (HR. Bukhari no. 2989)

4. Salat tahajud

Rasulullah seluruh sahabat, dan para ulama tidak pernah meninggalkan salat sunah tahajud. Salat sunah ini dipercaya sebagai obat hati menghilangkan seluruh perasaan yang akan menimbulkan dosa. Dalam Al-Quran, Allah SWT berfirman,

“Dan pada sebagian malam, lakukanlah salat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra : 79)

5. Membaca Al-Quran

Sesibuk apapun kita, baiknya untuk selalu mengamalkan Al-Quran dengan membacanya terutama di pagi hari saat akan memulai aktivitas. Bahkan dalam salah satu hadits Rasulullah  menyindir umatnya yang jarang atau tidak pernah menyentuh dan membaca Al-Quran.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Sesungguhnya seorang yang satu hari ia tidak membaca Al-Qur'an, sungguh hatinya "kalbaitil khorbi" seperti rumah kosong" (HR Tirmidzi).

 


(TOM)

Berita Terkait