Api Sambar Bensin Tumpah, Toko Sembako di Situbondo Hangus Terbakar

Petugas pemadam kebakaran Situbondo melakukan pembahasan usai api yang membakar kios berhasil dipadamkan (Foto / Metro TV) Petugas pemadam kebakaran Situbondo melakukan pembahasan usai api yang membakar kios berhasil dipadamkan (Foto / Metro TV)

SITUBONDO : Kebakaran hebat terjadi di sebuah  toko sembako milik Gatot Sulianto (54) warga Kampung Cotek, Desa Sumberanyar, Kecamatan Banyuputih, Situbondo, Minggu 11 September 2022. Akibat kebakaran itu, barang jualan dan emas 20 gram dan uang Rp15 juta hangus. Api dipicu saat adanya bensin tumpah.

Kebakaran toko dan seluruh isinya itu, berawal saat Sami tetangga dekatnya hendak membeli shampoo, sedangkan Suryani (51), istri korban, sedang memasak di belakang. Nah, karena istri korban menyuruh uang beli shampoo tersebut diletakkan sendiri di kotak uang. Namun tanpa sengaja botol bensin eceran yang ada dibawa tersandung Sami.

Akibatnya, botol pecah dan bensin tersambar kompor yang dipakai untuk memasak, kemudian api dengan cepat membesar membakar semua isi toko, dan bangunan toko milik korban. Mengetahui tokonya terbakar, kedua emak-emak tersebut langsung berteriak minta tolong. Sedangkan puluhan warga yang datang ke lokasi, mereka bahu membahu memadamkan kobaran api  menggunakan alat seadanya.

Kobaran api yang membakar bangunan toko milik korban  baru dapat dipadamkan, sekitar satu jam setelah kejadian, setelah satu unit mobil pemadam kebakaran (damkar) milik Pemkab Situbondo datang ke lokasi kejadian.

Baca juga : Kasus Mayat dalam Tas Gresik, Suami Korban Akui 7 Tahun Tak Ada Kabar

“Saya tidak tahu harus berkata apa, yang pasti akibat kebakaran ini, uang tunai Rp15 juta dan perhiasan emas 20 gram yang ada di toko hangus terbakar,” ujar Suryani, sembari mengusap air matanya.

Kepala BPBD Kabupaten Situbondo, Zainul Arifin mengatakan, meski seluruh bangunan toko dan seluruh isinya hangus terbakar. Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa kebakaran tersebut. “Meski demikian, kerugian materi akibat peristiwa kebakaran tersebut mencapai sekitar Rp94 juta,” kata Zainul Arifin.


(ADI)

Berita Terkait