Jokowi Tegur Pejabat Polri Jangan Arogan di Jalan, Pamer Mobil Mewah dan Moge

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) (Foto/ Istimewa) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) (Foto/ Istimewa)

JAKARTA : Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegur pejabat di kepolisian tidak arogan dan memamerkan kekayaan di depan publik. Apalagi banyak oknum pejabat polri yang pamer mobil mewah dan motor gede (moge). Ini disampaikan orang nomor satu di Indonesia tersebut saat memanggil para perwira tinggi Polri, Kapolda, dan Kapolres seluruh Indonesia ke Istana Negara.

Total ada sekitar 450 pejabat kepolisian hadir dalam pertemuan itu. Jokowi memerintahkan agar para pejabat tinggi di kepolisian tidak arogan ketika berada di jalan. Dia meminta saling menghargai pengguna jalan lain, sehingga tak menimbulkan kecemburuan sosial.

“Saya ingatkan masalah gaya hidup. Lifestyle, jangan sampai dalam situasi yang sulit ada letupan-letupan sosial karena adanya kecemburuan sosial ekonomi. Hati-hati,” kata Jokowi dalam unggahan video di akun Instagram resminya.

Ini menanggapi beberapa kasus yang terjadi ketika para pejabat kepolisian memamerkan koleksi mobil mewah dan motor gedenya. Terlebih hal tersebut diperlihatkan ketika kondisi ekonomi Indonesia sedang menurun akibat pandemi Covid-19.

baca juga : Rupiah Pagi Ini Melemah ke Posisi Rp15.468 per Dolar AS

“Saya ingatkan, yang namanya kapolres, wakapolres, yang namanya kapolda, yang namanya seluruh pejabat utama, perwira tinggi, ngerem total,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta itu.

Jokowi juga mengingatkan kepada seluruh pejabat tinggi kepolisian untuk tidak hidup terlalu mewah. Menurutnya, itu bukan sifat dasar polisi yang seharusnya mengayomi dan menjadi contoh bagi masyarakat.

“Masalah gaya hidup, jangan gagah-gagahan karena merasa punya mobil bagus atau motor gede yang bagus. Hati-hati, saya ingatkan hati-hati,” ujarnya.


(ADI)

Berita Terkait