Ramadan, Ratusan Dokter Mengaji 30 Juz dalam 3 Jam

Kegiatan Dokter Mengaji di Halaman FK Unair/metrotv Kegiatan Dokter Mengaji di Halaman FK Unair/metrotv

SURABAYA: Untuk kali pertama, Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga menggelar khataman Al-quran bertajuk Dokter Mengaji yang digelar di tempat terbuka di Halaman FK Unair Surabaya, Sabtu 15 April 2023.  

Di sela-sela kesibukannya mengobati pasien, ratusan dokter dan 40 hafiz dari FK Unair ini masih menyempatkan diri untuk membaca dan menghafal ayat-ayat suci Alquran hingga 30 juz dalam tiga jam.

Tampak, para dokter bergantian menghafal ayat-ayat suci Alquran. Selain itu, secara bersamaan juga membaca ayat-ayat Alquran pada juz tertentu.

Salah satu Hafiz Alquran yang juga mahasiswa kedokteran Unair,  Bilal Baharuddin Baihaqi mengatakan,  kegiatan ini menjadi pengalaman pertama mengikuti khataman Alquran yang digelar di tempat terbuka.

BACA: Berburu Takjil di Kampung Madinah Magetan

"Selain berharap untuk mendapatkan pahala di bulan suci Ramadan,kegiatan ini juga sekaligus bisa menjadi wadah untuk berdakwah bagi mahasiswa, khususnya mahasiswa kedokteran, " ujarnya.

Ketua Panitia Dokter Mengaji FK Unair, dr Asra Alfauzi mengatakan, mahasiswa kedokteran Unair ini sengaja diajak untuk mengisi waktu dan memaksimalkan ibadah pada bulan suci Ramadan dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

"Sehingga, selain bisa mendapatkan pahala di bulan suci ramadan juga diharapkan semakin banyak penghafal Alquran dari FK Unair, " ujarnya.


Dijelaskan, kegiatan Dokter Mengaji ini merupakan rangkaian dari Program Ramadan FK Unair di tahun 2023. Ke depan, diharapkan kegiatan ini bisa digelar secara rutin setiap bulan Ramadan setelah dua tahun sebelumnya  tidak bisa digelar karena pandemi Covid-19.

 


(TOM)

Berita Terkait