Rumah Pembuatan Petasan di Kota Batu Meledak, 1 Orang Luka Berat

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

BATU : Rumah pembuatan petasan di Kelurahan Dadaprejo, Kecamatan Dau, Kota Batu, meledak, Rabu 21 Juni 2023. Satu orang mengalami luka bakar hingga 70 persen akibat ledakan tersebut. Video amatir warga sempat merekam peristiwa sesaat setelah ledakan.

Pada video itu, seorang korban bernama Waluyo Tirto Nugroho, terlihat duduk dengan luka bakar di sekujur tubuhnya. Korban selanjutnya dilarikan warga ke Rumah Sakit Muhammadiyah, Kota Malang, untuk mendapatkan perawatan. Menurut warga, terdengar dua kali ledakan di tempat kejadian perkawa (TKP).

Warga kemudian mencari sumber suara dan mengetahui sebagian bangunan gudang terbakar. "Warga tidak tahu kalau gudang dijadikan rumah produksi petasan. Setahu warga di sana diproduksi sumbu kembang api," kata salah seorang warga, Liswati.

baca juga : Diduga Cabuli Santri, Oknum Guru Ngaji di Malang Digiring Polisi

Kapolres Batu AKBP Oscar Syamsudin, mengatakan, ledakan diduga bersumber dari bahan baku petasan. Sementara korban Waluyo merupakan pembuat petasan. "Dari olah TKP awal, ditemukan sejumlah petasan tanpa merek. Panjang mulai 70 centimeter dengan diamater 10 centimeter dalam kemasan siap kirim," katanya.

Selain itu, polisi juga menemukan bahan baku berupa potasium, belerang dan garam di lokasi. Untuk memastikan penyebab ledakan saat ini Tim Gegana Brimob Polda Jatim dan satu unit pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi.

 


(ADI)

Berita Terkait