Bisa Irit BBM, Pakai Fitur Ini Saat Berkendaraan!

Ilustrasi Ilustrasi

JAKARTA: Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) memaksa masyarakat untuk mengeluarkan kocek lebih untuk mengisi BBM kendaraannya. Namun, saat ini kendaraan-kendaraan baru sudah dilengkapi fitur-fitur yang mampu mendukung efisiensi konsumsi BBM agar lebih irit.

Penggunaan fitur-fitur tersebut tentunya bisa dimaksimalkan para pengemudi. Fitur-fitur yang dimaksud tersedia di model terbaru Xpander Cross seperti fitur Eco Indicator dan Cruise Control.

Eco Indicator

Fitur Eco Indicator sudah termasuk Eco Drive Assist dan Eco Drive Meter. Fitur ini berguna untuk memandu pengemudi mendapatkan gaya berkendara yang lebih efisien bahan bakar dan ramah lingkungan.

Eco Drive Meter dam Eco Drive Assist terdapat di display panel meter pada model Xpander, Xpander Cross, serta Pajero Sport. Tampilan Eco ini direpresentasikan dalam bentuk ikon daun. Selain itu ada informasi yang tertulis ECO.

BACA: Hati-hati, Ini 5 Tanda Make Up Sudah Kedaluwarsa!

Jika pengemudi berkendara dengan efisien maka informasi ECO akan terus menyala. Namun jika tidak maka informasi/indikator ECO akan hilang.

Semakin efisien berkendara maka bagian dalam daun yang semula kosong akan terisi dengan warna hijau. Jika seluruh daun terisi hijau maka gaya berkendara dipastikan benar-benar efisien. ECO Meter dan Eco Drive Assist ini akan sangat berguna saat ini di tengah kondisi harga bahan bakar minyak yang semakin mahal.

"Konsumsi bahan bakar kan sangat bergantung pada gaya atau cara berkendara. Fitur Eco Indicator ini sangat membantu, bahkan yang tadinya cara berkendara kita boros perlahan bisa berubah karena dibantu fitur ini. Apalagi sejak BBM naik sebisa mungkin kita berkendara selalu Eco driving biar konsumsi mobil irit," ujar Dodi, warga Cilandak pengguna Xpander Cross.

Berkendara secara Eco memang bukan hal mudah. Perlu dicatat bahwa kondisi jalan yang macet pastinya akan berakibat kepada konsumsi BBM yang lebih boros. Karena itu eco driving hanya berlaku saat Anda berkedara di jalanan dengan volume lalu lintas normal dan tidak padat.

Namun ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan demi mendapatkan konsumsi BBM yang irit. Pertama tidak disarankan untuk memanaskan mesin dalam waktu lama. Kurangi pengggunaan AC atau atur suhu kabin di 25 derajat sehingga kerja kompresor tidak terlalu berat.

Kemudian hindari melakukan akselerasi tiba-tiba. Disarankan melakukan akselerasi secara smooth dan perlahan. Saat diperjalanan upayakan di kecepatan konstan, jangan melebihi 80 km/jam dan lakukan perpindahan gigi di 2.000 rpm untuk manual. Sedangkan untuk transmisi otomatis pertahankan putaran mesin di 2.000 rpm.

Hal-hal lain yang mendukung eco driving antara lain memanfaat engine brake, tekanan angin ban yang ideal, serta pemilihan bahan bakar yang sesuai rekomendasi juga sangat berpengaruh.
Fitur Cruise Control

Cruise Control.

Selain Eco Indicator, fitur lainya yang bisa memaksimalkan efisensi BBM adalah Cruise Control. Fitur yang sudah tersemat di model Xpander Cross ini bisa membantu pengemudi untuk mendapatkan efisiensi bbm yang sangat baik.

Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, Rifat Sungkar mengatakan bahwa fitur Cruise Control akan sangat membantu saat menjalani perjalanan jauh ke luar kota, khususnya ketika melewati jalan tol.

“Jadi untuk cruise control memang sangat membantu sejak adanya jalan tersambung dari Jakarta sampai ujung Jawa. Itu membantu banget dan menyenangkan. Yang perlu dicatat adalah ada dua tipe cruise control, cruise control normal dan adaptive cruise control,” ujar Rifat Sungkar.

Menurut Rifat, cruise control yang ada di Xpander merupakan cruise control normal yang tetap membutuhkan intervensi pengemudi.

"Cruise control standar, walau kecepatan bisa di-lock, tapi driver awarenes harus tetap ada. Yang kedua, adaptive cruise control. Ada di Pajero dengan fitur adaptive cruise control dan pengeraman aktif. Mobil akan mengikuti kecepatan mobil yang di depannya. Ini fitur premium makanya adanya di mobil premium," beber Rifat.

Fitur cruise control di New Xpander Cross bisa diaktifkan melalui tombol yang terletak di stir kemudi. Pengemudi tinggal mengatur kecepatan konstan tanpa harus menginjak pedal gas. Selain menghemat konsumsi BBM, fitur ini juga membuat pengemudi bisa lebih rileks selama perjalanan.

 


(TOM)

Berita Terkait