Cuaca Mendukung, Petani Semangka Raup Untung

Panen semangka di Desa Kedung Rejo, Megaluh,  Jombang. (metrotv) Panen semangka di Desa Kedung Rejo, Megaluh, Jombang. (metrotv)

JOMBANG: Musim panen buah semangka tahun ini menjadi berkah bagi para petani, khususnya di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Saat cuaca masih sangat mendukung, nilai jual buah semangka di pasaran terkerek naik hingga membuat para petani tersenyum.

Senyum petani terlihat di Desa Kedung Rejo, Megaluh,  Jombang setelah meraup berkah berlimpah. Mereka mendapat keuntungan berlipat akibat harga buah semangka naik.

"Awal panen buah semangka kali ini sangat bagus dibandingkan tahun lalu. Sebab, cuaca panas yang panjang membuat buah semangka bisa berbuah dengan bagus, " ujar Mulyono, salah satu petani semangka.

BACA: Janda Jombang Kena Gendam, Motor Digondol

Untuk peratus luas lahan, para petani bisa memanen buah semangka dengan berat tiga ton.  Belum lagi, harga di pasar kini terus mengalami kenaikan yakni mencapai empat ribu atau naik Rp 1.000  perkilogram dari tahun lalu.

Para petani mengaku untuk lahan seluas 100 meter persegi, bisa mendapat keuntungan hingga Rp  10 juta. Sementara tahun sebelumnya hasil panen mengalami kerusakan akibat diterpa hujan.

 


(TOM)

Berita Terkait