4 Alasan Kenapa Perempuan Harus Mencoba Belajar Bela Diri

Seorang perempuan yang rajin berlatih seni bela diri Muay Thai di  Rumble Training Camp (RTC) Surabaya (Foto / Istimewa) Seorang perempuan yang rajin berlatih seni bela diri Muay Thai di Rumble Training Camp (RTC) Surabaya (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Perempuan seringkali menjadi target kejahatan. Mulai dari kejahatan jalanan, premanisme hingga pelecehan seksual. Untuk itu, penting bagi perempuan memiliki kemampuan untuk melindungi diri sendiri, salah satunya belajar bela diri.

Beragam bela diri bisa dipelajari kaum hawa. Salah satunya adalah Muay Thai. Gerakan yang ada di dalam jenis bela diri ini bisa dipraktekkan perempuan jika menjadi korban kejahatan.

Bahkan, menurut Founder Rumble Training Camp (RTC) Surabaya, Jeffri Oktavian selain sebagai self defense, belajar gerakan Muay Thai itu juga memiliki manfaat lain. Berikut 4 alasan kenapa perempuan wajib mencoba belajar bela diri

1. Belajar Melindungi Diri Sendiri

Jeffri Oktavian mengatakan masih banyak anggapan jika Muay Thai identik dengan latihan kekerasan dan kesakitan. Padahal di sana instruktur akan mengajarkan teknik untuk melindungi diri berbagai serangan tak terduga yang dilakukan pelaku kejahatan. Menurutnya, gerakan memukul, menendang, dan membanting lawan efektif untuk digunakan pada situasi darurat.

"Kita tidak pernah tahu, kapan dimana perempuan bisa menjadi sasaran pelaku kejahatan. Nah dengan salah satu untuk mencegahnya, dengan membentengi dari dengan ilmu bela diri," kata Jeffri.

Baca Juga : Menderita Darah Rendah? Yuk, Coba 5 Buah Ini

2. Membangun Rasa Percaya Diri

RTC memiliki slogan yaitu "membangun manusia secara fisik dan mental melalui bela diri". Artinya dengan berlatih secara rutin kepercayaan diri perempuan akan meningkat. Menumbuhkan rasa percaya diri sebagai petarung.

"Bukan berarti mengajak orang bertarung. Tetapi perempuan untuk lebih berani, tidak ragu serta menepis segala upaya atau aksi kejahatan dimanapun berada.  Utamanya, bagi wanita yang tinggal di kawasan atau daerah rawan kriminalitas," imbuh Jeffri.

3. Membentuk Tubuh

Tak hanya memiliki kemampuan bela diri dan meningkatkan mental, belajar seni bela diri Thailand ini kata Jeffri juga bisa membentuk otot menjadi kencang hingga berdampak pada perubahan tubuh. Tentunya, bagi sebagian besar wanita memiliki tubuh yang ideal menjadi salah satu impian.

"Semuanya sepakat jika gerakan Muay Thai bisa membakar kalori. Hal ini tentu membuat badan akan lebih bugar," katanya.

4. Cara Mencintai Diri Sendiri

Muay Thai adalah seni bela diri tangan kosong. Tubuh adalah satu-satunya alat untuk menyerang dan bertahan. Dengan memaksimalkan anggota tubuh, tentu pegiat seni bela diri ini akan menjaga dan mencintai tubuh agar bisa digunakan baik.

"Secara tidak langsung, pemikiran ini akan mengubah gaya hidup lebih sehat," terang Jefri.

Baca Juga : Ini Alasan Mengapa Orang Botak Masih Perlu Keramas

Itulah 4 manfaat yang diperoleh saat belajar Muay Thai. Meski demikian, Menurut Jeffri untuk mempraktikkan seni bela diri ini tak bisa secara instan. Perlu durasi latihan, pengalaman, dan pemahaman yang matang sebelum seseorang tersebut menguasainya.

"Semua perlu proses, nikmati olahraganya, dapatkan ilmu beladirinya," pungkasnya.

 


(ADI)

Berita Terkait