Menegangkan, Berikut 7 Rekomendasi Film Tentang Kapal Selam untuk Temani Ngabuburit

Foto: Pexels.com Foto: Pexels.com

Clicks: Sudah beberapa hari ini, masyarakat Indonesia merasa sangat prihatin sekaligus khawatir atas musibah yang menimpa kapal selam milik TNI Angkatan Laut, KRI Nanggala 402. Kapal buatan Jerman Barat itu dinyatakan hilang kontak di perairan Bali sejak Rabu, 21 April 2021 pukul 03.00 WIB. Kita semua tentunya berharap seluruh 53 awak kapal yang bertugas bisa selamat. 

Masyarakat Tanah Air pun bertanya-tanya mengenai bagaimana kehidupan di dalam kapal selam yang sempit selama berhari-hari. Terlebih, hanya orang-orang tertentu yang bisa menaiki kapal tersebut, karena biasanya kapal selam digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer.
 
Tetapi, jangan khawatir, bagi kalian yang masih penasaran mengenai kehidupan di kapal selam, kami sudah merangkum beberapa rekomendasi film yang berlatar kapal selam untuk kalian saksikan. Pastinya, daftar film ini sangat cocok untuk menemani kalian ngabuburit pada Ramadan. Dilansir dari berbagai sumber, berikut tujuh rekomendasi film tentang kapal selam.

1. K-19: The Widowmaker (2002)

Film pertama yang kami rekomendasikan untuk kalian tonton adalah K-19: The Widowmaker yang rilis pada 2002. Film ini mengisahkan seorang kapten kapal selam nuklir Uni Soviet K-19, Alexi Vostrikov (Harrison Ford), yang bertugas pada perang dingin. 

Ia ditugaskan untuk mengawasi dasar lautan wilayahnya. Tetapi, sebuah masalah muncul ketika reaktor nuklir kapal yang dikomandoinya mengalami gangguan. Kondisi itu dapat memicu bencana nuklir yang dahsyat. Selain akan ada ribuan nyawa yang harus menjadi korban, perang dingin yang sedang terjadi juga akan terus memanas. 

Lantas, apa yang akan dilakukan oleh Alexi untuk mencegah tragedi itu terjadi? Bagi kalian yang penasaran, jangan sampai lewatkan film menegangkan satu ini ya.

2. Das Boot (1981)

Film ini menceritakan sebuah kapal selam Jerman U-96 yang dipimpin oleh kapten (Jurgen Prochnow). Kapal tersebut ditugaskan untuk berpatroli di laut Atlantik selama Perang Dunia II berlangsung. Kondisi laut yang cenderung aman, bahkan terlalu aman, membuat para awak kapal merasa bosan di dalam kapal selam.

Setelah berminggu-minggu, akhirnya U-96 dihadapi dengan musuh dan harus bersiap untuk mengejar. Tetapi, para kru khawatir pengejaran itu akan berlangsung lama, mengingat persediaan makanan dan lainnya sudah habis.

Saat mereka mencoba untuk kembali, kapal U-96 dikejar oleh kapal perang Inggris. Ketika hendak melawan, kapal U-96 malah tenggelam ke dasar laut bukannya merespon naik. Seluruh awak kapal pun kaget dan segera memperbaiki kapal selam sebelum kehabisan cadangan oksigen.

3. Greyhound (2020)

Film Greyhound terinspirasi dari kisah nyata, yakni perang Atlantik. Film ini mengisahkan seorang kapten kapal, Ernest Krause (Tom Hanks), yang ditugaskan memimpin konvoi kapal sekutu melintasi perairan yang berbahaya.

Baca juga: Inilah Daftar Kecelakaan Kapal Selam Paling Memilukan di Dunia, Ratusan Orang Tewas

Pertempuran laut yang menegangkan pun akan kalian saksikan dalam film ini. Termasuk, scene Ernest dan pasukan yang harus menghadapi buruan kapal Nazi. Pertempuran tersebut diketahui merupakah salah satu pertempuran paling dahsyat dalam sejarah.

4. Black Sea (2014)

Seorang kapten kapal bernama Robinson memimpin sebuah ekspedisi menemukan bangkai kapal selam milik Nazi di Laut Hitam. Mereka meyakini terdapat batangan emas yang berharga jutaan dolar di sana.

Mereka menyelami luasnya lautan hitam bersama tim lainnya yang berasal dari Inggris dan Rusia. Singkat cerita, kapal selam milik Nazi yang mereka cari ditemukan juga. Mereka pun berhasil menemukan harta karun yang mereka cari.

Meski rencana mereka berjalan sesuai ekspektasi, emas yang mereka temukan malah menimbulkan konflik. Tim Robinson yang dari Inggris berseteru dengan timnya yang berasal dari Rusia perihal pembagian keuntungan yang dirasa tidak adil. Jadi, film ini mengisahkan tentang keserakahan manusia yang kemungkinan dapat berimbas pada keselamatan seluruh tim.

5. Kursk (2018)

Masih ingatkah kalian dengan tragedi yang menimpa kapal selam bertenaga nuklir milik Rusia, Kursk? Ya, kapal ini meledak dan tenggelam saat bermanuver di Laut Barent pada 12 Agustus 2000. Sesuai dengan judulnya, film ini terinspirasi dari kisah nyata yang menimpa kapal selam Kursk.

Film Kursk mengisahkan tenggelamnya kapal selam milik Rusia usai terjadi ledakan hebat dalam kapalnya. Sebanyak 118 awak kapal pun dinyatakan tewas. Sementara, 23 orang lainnya berhasil selamat dari kecelakaan.

Puluhan orang yang selamat itu kemudian terombang-ambing di lautan sembari menunggu bantuan. Awalnya, pemerintah Rusia menolak bantuan dari negara lain dalam proses evakuasi korban yang selamat.

Namun, setelah lima hari proses penyelamatan tidak membuahkan hasil apa pun. Akhirnya, mereka meredam egonya dan menyetujui bantuan dari pemerintah Inggris dan Norwegia. Dalam film ini, Komandan Angkatan Laut Inggris yang bernama David Russell diperankan oleh Colin Firth. 

6. Hunter Killer (2018)

Hunter Killer mengisahkan diculiknya presiden Rusia yang memicu terjadinya Perang Dunia II. Kapten Joe Glass yang diperankan oleh Gerard Butlet, harus menuju ke lokasi di mana kapal Rusia tenggelam.

Menggandeng pasukan Amerika Serikat, Joe berupaya menyelamatkan presiden Rusia. Kisah ini terinspirasi dari novel berjudul Firing Point yang ditulis Don Keith dan George Wallace.

7. The Enemy Below (1957)

Kapten Murell mengomandoi kapal tempur Amerika, USS Haynes. Di bawah kendalinya ia berhasil mendeteksi dan menemukan posisi dari kapal selam perang Jerman, U-Boat, di wilayah lautan Atlantik Selatan. Penuh dengan kehati-hatian, USS Haynes akhirnya mengikuti kapal selam Jerman. 

Kapal Jerman yang dikomandoi oleh kapten Von Stolberg (Curt Jurgens) ternyata mengetahui taktik perang kapal USS Haynes. Akhirnya, mereka pun saling mengikuti dan bersiap perang ketika sewaktu-waktu diperlukan. Perang yang semakin intens antara keduanya, membuat USS Haynes menyadari bahwa U-Boat Jerman tidak sepadan dengan mereka. Lalu, bagaimana akhir dari pertempuran itu ya? Bagi yang penasaran, langsung saja tonton ya!


(SYI)