Menkominfo Minta Pimpinan Platform Medsos Bersihkan Berita Menyesatkan Terkait Covid-19

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

JAKARTA : Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengadakan pertemuan virtual dengan para pimpinan platform media sosial di Indonesia. Pertemuan ini untuk menegaskan kembali tanggung jawab platform dalam penanganan hoaks di masa pandemi covid-19. Dia meminta agar pengelola platform media sosial dapat lebih aktif membersihkan ruang digital Indonesia dari dampak pernyebaran kabar menyesatkan terkait covid-19.

“Saya menyesalkan banjir informasi yang tidak tepat dan sangat memengaruhi laju pemulihan pandemi covid-19 di Indonesia," ujar Johnny dalam keterangan persnya, Selasa 20 Juli 2021.

Untuk itu Johnny menginstruksikan kepada semua platform digital lebih proaktif melakukan penanganan konten hoaks. Selain itu platform juga diminta turut menyebarkan informasi kebijakan dan penanganan covid-19 oleh pemerintah, termasuk percepatan vaksinasi dan penerapan protokol kesehatan.

BACA JUGA : PPKM Darurat Diperpanjang! Boleh Nongkrong di Kafe, Tapi.......

“Penyebaran berita bohong sangat memengaruhi pemikiran manusia, yang menjadi taruhan adalah nyawa saudara-saudari kita sebangsa Indonesia. Sudah banyak yang jadi korban dari penyebaran infodemi yang kian masif ini, kita tidak boleh menyerah kalah,” katanya.

 


(ADI)

Berita Terkait