Warga Surabaya Ciptakan Robot Penyemprot Disinfektan, Begini Penampakannya

Robot disinfektan di Surabaya nampak unik lantaran dibuat dari bahan-bahan bekas (Foto / Metro TV) Robot disinfektan di Surabaya nampak unik lantaran dibuat dari bahan-bahan bekas (Foto / Metro TV)

SURABAYA : Di tengah melonjaknya kasus virus korona, warga kampung Tembok Gede, Kelurahan Bubutan, Kecamatan Bubutan, Surabaya merakit robot penyemprot disinfektan. Robot ini dapat membantu pekerjaan warga dalam mencegah penyebaran covid-19 di wilayah tersebut.

Robot yang diberi nama delta ini bergerak dengan menggunakan roda dan pada tangannya diberi alat untuk menyemprotkan cairan disinfektan di sepanjang jalan kampung. Robot delta penyemprot disinfektan ini dikendalikan oleh remot kontrol.

Uniknya, robot ini dirakit dari bahan-bahan bekas seperti mainan mobil dengan keempat roda sebagai kakinya untuk bergerak maju, mundur, maupun berbelok. Kemudian di atasnya terdapat pot tanaman dan peralatan dapur panci.

BACA JUGA : Catat ya Bunda, Ini Tanda-Tanda Anak Terpapar Covid-19

Sedangkan pada bagian badan dan tangan yang terbuat dari bekas televisi tabung dan penyangga kipas angin dapat digerakkan ke samping kiri dan kanan. Kemudian ada alat memasak dan memanaskan nasi sebagai kepalanya. Selain itu, robot Delta ini dilengkapi dengan jirigen untuk cairan disinfektan yang dapat menampung sepuluh liter.

"Robot penyemprot disinfektan ini dioperasionalkan sejak sepekan terakhir. Awalnya robot ini digunakan sebagai robot penyaji makanan dan minuman kepada tamu kampung," kata salah satu pengurus warga, Aseyan, Minggu 25 Juli 2021.

Melonjaknya penyebaran virus korona, khususnya varian delta beberapa waktu terakhir kemudian robot ini dialih fungsikan sebagai robot penyemprot disinfektan. Sejak dioperasikan, robot penyemprot disinfektan ini diaktifkan 3 hari sekali.

"Selain dapat membantu pekerjaan warga dalam mencegah penyebaran covid-19, robot penyemprot disinfektan ini juga dapat menjadi sarana hiburan bagi masyarakat," terangnya.


(ADI)