Hapus Opsi Stay di iOS 14, Apple Paksa Pengguna Pindah ke iOS 15

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Apple membuat pengumuman mengejutkan tahun lalu menjelang peluncuran iOS 15. Alih mendorong pemilik iPhone segera pindah ke iOS 15, Apple justru membiarkan mereka tetap menggunakan iOS 14 dan menerima pembaruan keamanan di masa depan. Setiap perangkat yang mendukung iOS 14 dapat menginstal iOS 15. Sekarang, perusahaan tampaknya siap untuk mendorong semua orang yang masih menggunakan iOS 14 ke iOS 15 karena kelambatan adopsi.

Saat Apple pertama kali merilis iOS 15 pada September lalu, ada dua opsi yang tersedia di aplikasi Settings. Pemilik iPhone dengan perangkat yang didukung dapat mengunduh dan menginstal pembaruan iOS 15 atau tetap menggunakan iOS 14.8. Memilih menggunakan iOS 14.8 akan memungkinkan pengguna tetalh menggunakan iOS 14 hingga mereka siap memperbarui. Begini cara Apple menjelaskan perubahan pada halaman fitur untuk iOS 15 di websitenya, sebagaimana dikutip dari BGR.

"iOS sekarang dapat menawarkan pilihan antara dua versi pembaruan perangkat lunak di aplikasi Pengaturan. Anda dapat memperbarui ke iOS 15 versi terbaru segera setelah dirilis untuk fitur terbaru dan rangkaian pembaruan keamanan terlengkap. Atau lanjutkan di iOS 14 dan tetap dapatkan pembaruan keamanan penting," bunyai pengumuman.

Baca Juga : App Store Bukukan Pendapatan Rp858 Triliun Sepanjang 2021

Seperti yang dijelaskan MacRumors, Apple menghapus opsi untuk tetap menggunakan iOS 14 saat merilis iOS 15.2 bulan lalu. Awalnya, tidak yakin apakah ini kesalahan atau tidak, tetapi opsi tidak kembali di iOS 15.2.1 minggu ini. Hal ini sepertinya menyiratkan Apple siap untuk semua orang untuk memperbarui.

Adopsi iOS 15 Pada hari Selasa, Apple membagikan nomor adopsi iOS 15 resmi pertama di portal pengembangnya. 111 hari setelah peluncuran, iOS 15 diinstal pada 72 persen perangkat yang diperkenalkan dalam empat tahun terakhir. Sementara itu, 63 persen dari semua model iPhone telah diperbarui ke iOS 15. Adopsi untuk iOS 15 relatif lambat.

Seperti yang dicatat 9to5Mac, angka iOS 14 pertama dari Apple datang pada 16 Desember 2020. Pada saat itu, 81 persen perangkat dari empat tahun terakhir telah menginstal iOS 14, seperti halnya 72 persen perangkat secara keseluruhan. Mayoritas pemilik iPhone masih memperbarui ke versi terbaru dari sistem operasi seluler Apple, tetapi yang lain menundanya sekarang karena mereka telah diberi pilihan.

Apple tampaknya tidak terlalu senang dengan perkembangan ini, yang membuatnya semakin sulit untuk mengetahui mengapa perusahaan menambahkan fitur ini sejak awal.

 


(ADI)

Berita Terkait