Lebih Sensitif, Ini 7 Gangguan Kulit pada Bayi

Bintik kecil di wajah bayi cukup umum terjadi. Foto: Freepik Bintik kecil di wajah bayi cukup umum terjadi. Foto: Freepik

JAKARTA: Meski bayi memiliki kulit yang halus dan lembut, namun ternyata kulit bayi sangat sensitif. Itulah mengapa kulit bayi rentan mengalami berbagai permasalahan kesehatan.

Orang tua wajib mengetahui apa saja gangguan kesehatan yang dapat dialami pada kulit bayi. Ini penting karena Anda bisa mengetahui masalah kulit yang dialami bayi dan segera mengobatinya dengan tepat.

Lantas, apa saja masalah umum yang bisa terjadi pada kulit bayi? Dilansir dari Medcom.id, simak penjelasannya:

1. Jerawat

Bintik kecil di wajah bayi cukup umum terjadi. Jerawat biasanya akan hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari. Anda tak perlu mengoleskan apapun di kulit yang berjerawat.

BACA: Wajib Tahu! Ini 5 Faktor Risiko yang Sebabkan Anak Terkena Hepatitis Akut

2. Tanda lahir

Tanda lahir tak berbahaya untuk bayi. Ini umumnya ada sejak bayi lahir atau muncul setelah beberapa minggu atau beberapa bulan setelah bayi lahir.

3. Eksim

Eksim atau eksema merupakan peradangan pada kulit yang terlihat seperti melepuh atau gelembung kecil. Masalah kulit ini biasanya lebih sering menyerang bayi yang memiliki riwayat keluarga asma atau alergi.

Eksim biasanya muncul pada wajah, siku, dada, atau lengan, dan secara bertahap menjadi kering dan bersisik. Pemicu eksim disebabkan alergi sabun, lotion, atau deterjen yang Anda gunakan ketika mencuci pakaian bayi.

4. Kulit kering

Kebanyakan bayi lahir dengan kulit yang sangat kering dan mulai mengelupas beberapa hari setelah lahir. Anda tak perlu khawatir, kunjungi dokter anak untuk pengobatan.

BACA: Hepatitis Akut Menyerang Anak Maksimal 16 Tahun, Waspadai Gejalanya!

5. Biang keringat

Bintik merah muda pada kulit bayi disebabkan oleh keringat. Biang keringat biasanya muncul di leher, area popok dan ketiak. Disarankan menjaga kondisi bayi agar tetap dingin dengan mengenakannya pakaian longgar.

Hindari menggunakan terlalu banyak bedak. Bedak yang terhirup dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Hindari membedaki bayi sampai setidaknya berusia 4-6 bulan.

6. Benjolan putih

Bintik-bintik putih kecil yang terlihat di hidung disebabkan oleh serpihan kulit yang menghambat kelenjar minyak. Ini biasanya akan hilang sendiri setelah beberapa hari.

7. Infeksi jamur

Bayi bahkan bisa menderita infeksi jamur. Infeksi ini menyerang lidah dan di mulut. Cirinya, lidah dan mulut tampak berselimut warna putih. Segera ke dokter anak untuk meminta resep obat.


(UWA)

Berita Terkait