Rising Star Persebaya Menuju Kroasia

 Supriadi dalam sesi pemusatan Persebaya di Yogyakarta pada Januari 2020 lalu (Persebaya) Supriadi dalam sesi pemusatan Persebaya di Yogyakarta pada Januari 2020 lalu (Persebaya)

JAKARTA: Dua pemain muda andalan Persebaya, Supriadi dan Rizky Ridho akan segara berangkat menuju Krosia setelah terpanggil mengikuti Timnas Indonesia U-19, akhir Agustus ini.    

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memastikan ada 30 pemain Timnas U-19, termasuk pemain Persebaya yang akan mengikuti turnamen di Kroasia sebagai rangkaian TC.

"Sebanyak 30 pemain telah dipilih pelatih Shin Tae-yong untuk diberangkatkan ke Kroasia. Ia (Shin Tae-yong) juga memberikan laporan bahwa saat ini pemain mengalami perkembangan yang bagus dan grafik meningkat selama pemusatan latihan,” kata Iriawan di situs resmi PSSI.
 
Pada TC di Kroasia nanti, Garuda Muda juga akan mengikuti sebuah turnamen mini pada 2-9 September. Pesertanya terdiri empat negara, yaitu Indonesia, tuan rumah Kroasia, Bulgaria, dan Arab Saudi.

Kroasia dipilih karena sedang menduduki peringkat enam FIFA. Selain itu, pemain timnas U-19 juga tidak perlu menjalani karantina untuk mengantisipasi penyebaran virus korona.
 
Kemudian, suhu di sana berkisar 19-23 derajat celcius atau hampir sama dengan suhu di Uzbekistan selaku tuan rumah Piala AFC U-19 2020 yang akan dimainkan timnas U-19 pada 14-31 Oktober mendatang.
 
“TC di Kroasia ini, kami harap bisa dimanfaatkan dengan baik oleh pemain. Mereka harus bekerja keras dan terus bersemangat demi torehan positif di Piala AFC U-19 dan tentunya Piala Dunia U-20. PSSI selalu mendukung program dari pelatih Shin Tae-yong untuk timnas,“ tutur pria yang akrap disapa Iwan Bule tersebut.
 
Sementara itu, pelatih Shin Tae-yong mengatakan bahwa 30 pemain yang mengikuti TC ke Kroasia dipilih berdasarkan penilaian selama pemusatan latihan.
 
“Kami memilih 30 pemain untuk dibawa ke Kroasia. Pemain saat ini dalam kondisi bagus dan terus mengalami perkembangan yang positif setiap harinya. Saya yakin selama di Kroasia, fisik, teknik, dan permainan timnas U-19 akan makin meningkat," ujar Tae-yong.
 
Setelah mengikuti pemusatan latihan dan turnamen di Kroasia, timnas U-19 akan berangkat ke Uzbekistan untuk mengikuti turnamen AFC U-19. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.
 
Kamboja akan menjadi lawan pertama timnas U-19 pada 14 Oktober. Setelah itu, mereka akan menghadapi Iran pada 17 Oktober dan Uzbekistan pada 20 Oktober.
 
Piala AFC U-19 di Uzbekistan tidak mempengaruhi posisi timnas Indonesia sebagai peserta Piala Dunia U-20 pada Mei-Juni tahun depan. Sebab, Indonesia berstatus sebagai tuan rumah.
 
"Tetapi, bukan berarti kami seenaknya saja bermain di Uzbekistan. Kami tetap menargetkan hasil maksimal di sana (Uzbekistan)," imbuh pelatih asal Korea Selatan tersebut.
 
Daftar 30 Pemain Timnas U-19 :
 
1. Adi Satryo - PSMS Medan
2. Erlangga Setyo - Persib Bandung
3. Yofandani Damai - PSIS SEmarang
4. Pratama Arhan - PSIS Semarang
5. Yudha Febrian - Barito Putera
6. Komang Tri - Bali United
7. Elkan Baggot - Ipswich Town
8. Ahmad Rusadi -
9. Muhammad Fadhil - Semen Padang FC
10. Bayu M. Fiqri - PON Jatim
11. Rizky Ridho - Persebaya
12. Bagas Kaffa - Barito Putera
13. Komang Teguh - Diklat Ragunan
14. Andre Oktaviansyah, -
15. David Maulana - Barito Putera
16. Brylian Aldama,
17. Beckham Putra - Persib Bandung
18. Mohammad Kanu - Babel United FC
19. Braif Fatari - Persija Jakarta
20. Andi Irfan - AS Abadi Tiga Naga
21. Sandi Arta - Persija Jakarta
22. Witan Sulaeman - FK Radnik Surdulica
23. Jack Brown - Lincoln City
24. Mochammad Supriadi - Persebaya
25. Irfan Jauhari - Bali United
26. Khairul Zakiri - Gymnastica Cueta
27. Saddam Gaffar - PSS Sleman
28. Ahmad Afhridrizal - Vamos Indonesia
29. Moh. Bahril - PSIS Semarang

 


(TOM)

Berita Terkait