Kekeringan Melanda Dua Desa di Kabupaten Pasuruan

Warga mengantre air bersih yang didatangkan Polres Pasuruan/metrotv Warga mengantre air bersih yang didatangkan Polres Pasuruan/metrotv

PASURUAN: Kekeringan mulai melanda dua desa di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Akibatnya, ribuan keluarga kekurangan air bersih untuk kebutuhan air minum, memasak  hingga air untuk mandi.

Untuk membantu warga, jajaran Polres Pasuruan mendistribusikan air bersih sebanyak empat tangki kepada 1000 lebih kepala keluarga di Desa Sibon dan Desa Mangguan, di Kecamatan Pasepan, Kabupaten Pasuruan, Rabu pagi, 28 September 2022.

Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi menjelaskan  pendistribusian air bersih kepada warga dilakukan setelah pihaknya menerima laporan terkait adanya warga di Desa Sibon dan Mangguan saat ini sudah mengalami kekeringan dan krisis air bersih.

BACA: Kemarau Tahun Ini, 15 Hektar Lahan Perhutani di KPH Parengan Terbakar

"Pendistribusian air berih ini dilakukan untuk membantu memenuhi kebutuhan air bersih bagi warga di Desa Sibon dan Mangguan yang saat ini sudah mulai mengalami kekeringan dan krisis air bersih, " ujarnya.

Ditambahkan AKBP Bayu, pihak Polres Pasuruan terus memantau dan memonitor kondisi di daerah yang rawan terjadi kekeringan dan krisis air bersih.  

"Kita pantau desa-desa lain yang rawan kekeringan. Jika terjadi bisa  segera dapat diatasi dan langsung dilakukan pendistribusian air bersih, " ujarnya.

Salah satu warga desa yang terdampak kekeringan dan krisis air bersih Khuriyah  mengaku senang dan mengucapkan terima kasih kepada pihak kepolisian yang sudah membantu mengirimkan air bersih di desanya.

"Air bersih yang diterima oleh warga nantinya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup mulai dari air minum, memasak  hingga untuk air mandi, " ujarnya.

 


(TOM)

Berita Terkait