Data 5,4 Juta Pengguna Twitter Bocor

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Data 5,4 juta pengguna Twitter dilaporkan bocor di forum hacker Breached. Bleeping Computer mengatakan data-data ini dengan mudah dicuri karena ada kerentanan Application Programming Interface (API) di sistem Twitter. Seorang hacker telah mengkonfirmasi dirinya bertanggung jawab mengeksploitasi kelemahan.

Hacker tersebut mengaku beberapa data di antaranya didapat dari hacker lain bernama Devil. Mereka memperoleh 1,4 juta profil Twitter untuk akun yang ditangguhkan melalui kerentanan yang sama.  Namun, sang hacker tidak mengungkapnya. Dia hanya mengatakan data dibagikan secara pribadi ke beberapa hacker.

Dilansir dari Engadget, pakar keamanan siber Chad Loder mengungkapkan puluhan juta catatan Twitter telah dikumpulkan menggunakan API yang sama. Data mencakup nomor telepon pribadi beserta informasi publik. Loder memposting sampel yang telah disunting di Mastodon.

baca juga : Siap-siap! Pengguna Android Bakal Bisa Kirim Emoji di Google Messages

Ini dilakukan karena dia tiba-tiba diblokir dari Twitter tanpa alasan jelas. Loder menyebutkan data yang bocor ini bisa dimanfaatkan orang jahat untuk phishing dan penipuan lain. Informasi juga dapat dimanfaatkan untuk mengungkap identitas dari akun Twitter pribadi.

Mengingat kebocoran data ini sudah dikonfirmasi beberapa pihak, sudah sepatutnya berhati-hati terhadap email atau teks mencurigakan yang mengaku berasal dari Twitter.


(ADI)

Berita Terkait