Satu Desa Satu Destinasi, Program Tingkatkan Potensi Pariwisata di Malang

Foto arsip. Desa Wisata Pujon Kidul, di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (ANTARA/Vicki Febrianto) Foto arsip. Desa Wisata Pujon Kidul, di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur. (ANTARA/Vicki Febrianto)

Clicks.id: Program One Village One Destination atau satu desa satu destinasi jadi salah satu program unggulan yang diusung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang, Jawa Timur. Program itu dinilai mampu menggali potensi wisata desa-desa di Malang.

"Sejalan dengan program Kabupaten Malang, One Village One Destination mengangkat potensi desa. Saat ini, di Kabupaten Malang telah memiliki 22 desa wisata," kata Bupati Malang, M Sanusi, dikutip dari Antara, Senin, 28 November 2022.

Menurut Sanusi, Kabupaten Malang saat ini telah memiliki 22 desa wisata. Beberapa di antaranya berhasil menorehkan prestasi, salah satunya Desa Wisata Pujon Kidul yang mendapat penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 Kategori Desa Mandiri Inspiratif.

Sementara itu, lanjutnya, Desa Sanankerto meraih Juara III Kategori Desa Daya Tarik Wisata, serta mendapat apresiasi dari forum internasional, atas keikutsertaannya dalam ASEAN Rural Development and Poverty Eradication Awards ke-5 Tahun 2022.

"Ke depan, harapannya dengan berbagai capaian yang telah diraih tahun ini dapat mengangkat potensi pariwisata di Kabupaten Malang agar dapat terus tumbuh dan berkembang," ujarnya.

Kabupaten Malang memang memiliki potensi pariwisata yang cukup menjanjikan. Beberapa desa yang populer menjadi tujuan wisata di daerah tersebut salah satunya adalah Desa Wisata Pujon Kidul yang punya daya tarik berupa pemandangan pegunungan yang indah dengan udara yang sejuk. 


(SUR)

Berita Terkait