Pemkot Batu Alokasikan Rp328 Juta Untuk Renovasi Stadion Gelora Brantas

Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batu melakukan pengecekan proses pembersihan area dalam Stadion Gelora Brantas usai dijadikan penampungan sementara pedagang pasar di Kota Batu, Jawa Timur. Foto: ANTARA-HO-Prokopim Setda Kota Batu Sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batu melakukan pengecekan proses pembersihan area dalam Stadion Gelora Brantas usai dijadikan penampungan sementara pedagang pasar di Kota Batu, Jawa Timur. Foto: ANTARA-HO-Prokopim Setda Kota Batu

Kota Batu: Pemerintah Kota Batu mengalokasikan anggaran sebesar Rp328 juta untuk perbaikan Stadion Gelora Brantas Kota Batu. Sebelumnya, stadion tersebut dijadikan tempat sementara pedagang saat pembangunan Pasar Induk Among Tani.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai, mengatakan biaya perbaikan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batu 2024.

"Pemkot Batu telah menyiapkan anggaran sebesar Rp328 juta untuk proses perbaikan dan renovasi area stadion," ucap Aries dikutip dari Antara, Selasa, 14 Mei 2024.

Aries menjelaskan, anggaran ratusan juta itu digunakan untuk proses perbaikan dan renovasi area stadion, seperti pengecatan tembok, pembenahan tembok, pembenahan tribun, dan pagar, serta mengembalikan fungsi lapangan stadion.

Proses perbaikan stadion diharapkan dapat rampung pada Agustus 2024. Perbaikan akan dilakukan setelah sebelumnya pemindahan pedagang telah tuntas.

"Kami menargetkan sebelum Agustus sudah selesai proses renovasi dan perbaikan Stadion Brantas," tuturnya.

Kini, proses pembersihan area dalam Stadion Gelora Brantas setelah dijadikan pasar relokasi untuk pedagang terus dilakukan. Setelah proses pembersihan selesai, maka perbaikan dan renovasi dapat segera dilakukan.

Proses pembersihan dilakukan oleh personel gabungan dengan mengerahkan alat berat milik Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Batu. Kegiatan ini juga melibatkan Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan.

Kemudian juga Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, dan Dinas Pendidikan Kota Batu. Stadion Gelora Brantas akan kembali pada fungsi awalnya sebagai tempat olahraga di wilayah tersebut.

"Nantinya setelah proses pembersihan sisa-sisa bangunan relokasi selesai dilakukan, maka dapat segera dilakukan proses renovasi untuk mengembalikan fungsi Stadion Gelora Brantas," katanya.

Pasar relokasi yang berada di kawasan Stadion Gelora Brantas tersebut disiapkan oleh Pemkot Batu untuk menampung ribuan pedagang ketika pembangunan Pasar Induk Among Tani pada 2021.

Pemkot menyiapkan sekitar 1.191 kios untuk para pedagang di pasar relokasi atau bagian luar Stadion Gelora Brantas. Untuk di dalam area stadion, terdapat kurang lebih 1.097 pedagang.

Pasar Induk Among Tani Kota Batu Mulai dibangun pada 2021 dan memiliki 1.716 kios, serta 914 los. Pasar tersebut dapat menampung sebanyak kurang lebih 2.630 pelaku usaha atau pedagang dan juga telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 14 Desember 2023.


(SUR)

Berita Terkait