Tekan Angka Pengangguran, Pemkab Sidoarjo Gelar Job Matching

Plt Bupati Sidoarjo Subandi menghadiri kegiatan Job Matching di SMK Penerbangan Sedati, Sidoarjo, pada Kamis, 16 Mei 2024. Foto: ANTARA-HO-Pemkab Sidoarjo Plt Bupati Sidoarjo Subandi menghadiri kegiatan Job Matching di SMK Penerbangan Sedati, Sidoarjo, pada Kamis, 16 Mei 2024. Foto: ANTARA-HO-Pemkab Sidoarjo

Sidoarjo: Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, mengadakan kegiatan Job Matching (bursa kerja) di SMK Penerbangan Sedati, Sidoarjo untuk mengurangi pengangguran.

Plt Bupati Sidoarjo, Subandi, mengatakan dalam pengurangan angka pengangguran ini diperlukan perhatian yang intensif dalam mencari solusi yang tepat.

"Sebagai pimpinan daerah saya berterima kasih pada semua perusahaan dan SMK yang hadir dalam job matching ini. Dengan adanya job matching ini, kita berupaya menekan angka pengangguran di Kabupaten Sidoarjo," ucap Subandi dikutip dari Antara, Jumat, 17 Mei 2024.

Ia berharap di masa mendatang dapat mengundang berbagai perusahaan yang ada di setiap kecamatan di Sidoarjo, dan berdiskusi mengenai persoalan dan hambatan di Kabupaten Sidoarjo, seperti terkait perizinan atau pekerja yang tidak memenuhi kualifikasi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo, Ainun Amalia, mengatakan kegiatan job matching ini diikuti oleh sebanyak 15 perusahaan yang sudah berkolaborasi dengan 18 Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK di wilayah Kecamatan Sedati, Waru, dan Taman.

Jumlah penganggur di Kabupaten Sidoarjo saat ini, dikatakannya mencapai 94.176 orang, sedangkan kegiatan ini menurutnya dikunjungi oleh ratusan pencari kerja.

"Lowongan pekerjaan yang dibutuhkan ada 41 lowongan. Jumlah karyawan yang dibutuhkan dari lowongan yang tersedia sebanyak 142 karyawan," ucap Ainun Amalia dikutip dari Antara, Jumat, 17 Mei 2024.


(SUR)

Berita Terkait