Lokasi Pedesaan, Keindahan Masjid di Pacitan Mirip Nabawi

Halaman Masjid Alet Bandulan berpayung hidrolik/metrotv Halaman Masjid Alet Bandulan berpayung hidrolik/metrotv

PACITAN: Sebuah bangunan masjid di Pacitan, Jawa Timur mendandak menjadi pusat perhatian. Penyebabnya, bangunan masjid yang terletak di pelosok desa ini tidak hanya megah tapi juga mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah.

Masjid bernama Alet Bandulan ini berada di pelosok pedesaan, tepatnya Desa Ploso, Kecamatan Punung.  Meski lokasinya jauh dari perkotaan, namun nyatanya masjid ini cukup banyak mencuri perhatian masyarakat Pacitan.

Masjid ini dibangun pada 2017 lalu, oleh Agus Sarmanto, warga setempat. Masjid yang menelan anggaran pembangunan hingga Rp 2  miliar isengaja didesain menyerupai Masjid Nabawi, bangunan bersejarah di Kota Madinah.

BACA: Menengok 'Sumur Zamzam' di Masjid Semen Tegalrejo

Dari sisi luarnya, halaman masjid ini memiliki beberapa payung hidrolik. Sementara untuk menambah nuansa timur tengah, ditanam pohon kurma, sekaligus untuk mempercantik halaman masjid.

Pada bagian lantai masjid menggunakan batu marmer kualitas tinggi, sehingga akan membuat jamaah merasa nyaman. Bermacam kaligrafi berwarna emas semakin menjadikan masjid ini terasa begitu megah.

"Saya mendesain masjid sedemikian rupa ini, semata-mata untuk mengobati kerinduan kepada Tanah Suci,"  ujar Pemilik Masjid Alet Bandulan Agus Sarmanto.

Meski dibangun di pelosok pedesaan, namun masjid ini cukup menarik perhatian masyarakat. Saat bulan Ramadhan seperti sekarang, banyak wisatawan yang berkunjung di masjid ini, untuk sekadar berwisata religi.

 


(TOM)

Berita Terkait