Alarm Mobil Tak Berbunyi saat Dikunci, Coba Cek 3 Bagian Ini

Ilustrasi / Medcom.id Ilustrasi / Medcom.id

SURABAYA : Alarm memiliki peran penting untuk keamanan kendaraan. Ketika tombol remote kunci atau membuka pintu ditekan alarm akan berbunyi disertai lampu berkedip. Tapi, bagaimana bila alarm mobil tidak berbunyi saat dikunci? Ini akan merepotkan karena pengguna kendaraan harus memastikan mobil sudah terkunci.

Dilansir dari laman Auto2000, Selasa 18 Januari 2022, berikut penyebab alarm mobil tidak berbunyi saat dikunci.

1. Baterai remote habis

Penyebab yang sering terjadi pemilik mobil jarang cek kondisi baterai remot mobil. Seiring usia pakai baterai bisa habis sehingga mobil tidak bunyi saat dikunci. Untuk memastikan keamanan, pengendara harus membuka dan menutup kunci mobil secara manual. Untuk mengatasinya cek baterai dan ganti yang baru.

2. Pengaturan valet mode

Alarm mobil dalam pengaturan valet mode. Diketahui, mode ini berfungsi untuk membuat alarm berada dalam mode senyap atau silent. Biasanya, mode valet diaktifkan ketika menggunakan layanan valet parking untuk mobilnya. Seperti diketahui, valet parking merupakan layanan yang disediakan mall, hotel, restoran, atau berbagai tempat umum lain untuk memarkirkan mobil.

Caranya adalah dengan mematikan sistem alarm. Karena sistem alarm mati, maka lampu indikator dan bunyi alarm pun juga ikut mati saat tombol dipencet Jadi, jika alarm mobil tidak bunyi saat dikunci alias masih dalam silent mode, tapi indikator alarm menyala terus-terusan, ada kemungkinan mode valet sedang aktif. Untuk mengubahnya kembali ke mode normal, buka pintu kemudi mobil dan tekat tombol lock bergambar gembok tertutup pada alarm. Lalu ganti tekan tombol unlock bergambar gembok tidak terbuka.

3. Sistem mengalami kerusakan

Jika semua di atas telah dicek namun kunci tetap tidak bunyi ada kemungkinan kerusakan pada sistem alarm mobil, khususnya module alarm. Ini diakibatkan tidak ada arus yang dialirkan untuk mengontrol kerja sirine. Akibatnya, alarm mobil tidak bunyi saat dikunci. Apabila sirine mobil rusak, arus yang berasal dari control module tidak akan bisa membunyikan alarm karena sirine mati.

Solusi terbaik untuk masalah ini adalah dengan mengganti komponen module atau sirine alarm. Namun, sebelum itu, pemilik dianjurkan melakukan pemeriksaan lain. Sebab, bisa saja sistem yang mengalami kerusakan ternyata berasal dari hal-hal sepele, seperti tegangan baterai yang kurang, sekering rusak, atau sambungan kabel kurang tepat.

 


(ADI)

Berita Terkait