Timnas U-16 Bungkam Vietnam, Dendam Kakak Terbalaskan!

Kegembiraan pemain dan official Timnas U-16/MI Kegembiraan pemain dan official Timnas U-16/MI

SLEMAN: Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak semifinal Piala AFF U-16 2022 setelah mengalahkan Vietnam 2-1 dalam pertandingan terakhir Grup A di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu malam, 6 Agustus 2022.

Indonesia sempat tertinggal lebih dahulu lewat tendangan penalti Nguyen Cong Phuong pada menit ke-41,. Namun Garuda Asia mampu membalikan keadaan di babak kedua.

Pada menit ke-51, Arkhan Kaka mencetak gol dengan sundulan setelah memanfaatkan umpan Narendra Tegar. Gol kedua skuad asuhan Bima Sakti itu tercipta pada menit ke-55 melalui Muhammad Nabil Asyura.

Kemenangan ini membuat timnas U-16 Indonesia memimpin klasemen Grup A Piala AFF U-16 2022 dengan mengemas 9 poin dari 3 pertandingan. Garuda Asia unggul 3 poin dari Vietnam yang ada di posisi runner-up.

BACA: Hasil Piala AFF U-16 2022: Indonesia Bantai Singapura 9-0

Hasil ini sekaligus membalaskan dendam Timnas U-19 yang belum lama ini gagal ke semifinal Piala AFF setelah tersingkir menyakitkan oleh drama main mata, Vietnam Vs Thailand. Sementaran Vietnam masih menantikan hasil di grup lainnya untuk menghitung klasemen runner-up terbaik.

Dalam ajang Piala AFF U-16 ini, memang hanya tiga juara grup dan satu runner-up terbaik yang berhak lolos ke semifinal. Selain Indonesia, belum ada tim lain yang memastikan lolos ke semifinal.

Pelatih Timnas U-16 Indonesia Bima Sakti mengapresiasi kerja keras pemainnya hingga mampu balik unggul di babak kedua. Ia mengakui pada babak pertama ada ruang terbuka di lini belakang skuadnya hingga membuat Vietnam mampu memberikan tekanan.

"Empat pemain belakang babak pertama terlalu longgar karena mereka pakai tiga di depan. Empat pemain kita harus rapat itu jadi evaluasi kita di babak kedua," kata Bima Sakti.

Di semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan juara Grup C pada Rabu (10/8). Dua tim masih berpotensi menjadi juara Grup C yakni Malaysia dan Myanmar.

"Kita enggak pilih-pilih lawan baik itu Malaysia maupun Myanmar kita tetap fight. Siapa pun lawannya saya minta pemain fokus di semifinal agar lolos ke final," ujar eks kapten Timnas itu.

Sementara itu pelatih Vietnam Nguyen Quoc Tuan mengakui keunggulan Garuda Asia. Ia mengapresiasi pemainnya yang telah bekerja keras meskipun hasil ke semifinal masih harus ditentukan grup lainnya.

"Selamat untuk Indoensia untuk kemenangan mereka. kami bermain di bawah tekanan. Yang jelas kami tidak tunggu grup lain, kami sudah berusaha sebaik mungkin," tandasnya

 


(TOM)

Berita Terkait