Hasil Piala AFF U-16 2022: Indonesia Bantai Singapura 9-0

Selebrasi squad Garuda setelah mengalahkan Singapura di Piala AFF U16 (Foto / Istimewa) Selebrasi squad Garuda setelah mengalahkan Singapura di Piala AFF U16 (Foto / Istimewa)

SURABAYA : Timnas Indonesia U-16 menang besar 9-0 atas Singapura dalam laga kedua Grup A Piala AFF U-16 2022. Hasil ini membuat Indonesia sementara memimpin grup A di atas Vietnam. Laga berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu 3 Agustus 2022. Indonesia tampil sangat beringas.

Pasukan Bima Sakti sudah unggul 6-0 di babak pertama. Enam gol itu dicetak hattrick Nabil, dua gol dari M. Kalifiatur Rizky dan satu gol Mokh. Hanif Ramadhan. Lalu, pada babak kedua, kemenangan tim tuan rumah dilengkapi oleh gol Muhammad Riski Afrisal,tendangan penalti Wally Marifat dan gol I Komang Ananta Krisna Putra. Laga terakhir melawan Vietnam akan jadi laga penentu siapa yang lolos ke semifinal.

Jalannya Pertandingan Babak pertama baru berlangsung dua menit, Indonesia langsung unggul satu gol lewat Muhammad Nabil Asyura. Dengan tendangan mendatar kaki kirinya, Nabil membobol gawang Singapura yang dikawal Efan Qiszman.

Unggul satu gol, Tim Merah-Putih semakin meningkatkan intensitas permainan. Mereka hampir unggul 2-0 jika tendangan jarak jauh Muhammad Riski Afrisal tak menyamping tipis di sisi kanan gawang. Terus menekan, Indonesia berhasil menggandakan keunggulan pada menit 17 lewat gol kedua Nabil. Kali ini, striker asal Payakumbuh itu mencetak gol dengan tandukannya yang menyambar crossing cantik Rizdjar Nurviat Subagja.

Baca juga : Jadwal Live Piala AFF U-16, Hari Ini: Indonesia Vs Singapura

Tiga menit berselang, Efan Qiszman terpaksa memungut bola di gawangnya lagi untuk ketiga kalinya. Sekarang, Mokh. Hanif Ramadhan yang menggetarkan jala gawang Singapura dengan tendangan chip jarak jauh yang menggantung kiper lawan. Skor berubah 3-0. Pada menit 29, Nabil berhasil menorehkan hattrick dalam pertandingan ini.

Gol ketiganya juga lahir lewat sundulan kepalanya yang menyambar umpan manis dari lini tengah. Enam menit kemudian, Indonesia kembali menambah keunggulan menjadi 6-0. Gantian M. Kalifiatur Rizky yang mencatatkan namanya di papan skor dengan golnya yang menyikat umpan tarik ciamik dari Arkhan Kaka Putra Purwanto.

Tiga menit jelang babak pertama usai, Kalfiatur mencatatkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya. Dia membobol gawang Efan Qiszman dengan kaki kirinya dari dalam kotak penalti. Hingga turun minum, skor 6-0 untuk keunggulan Indonesia pun tetap bertahan.

Unggul enam gol, Indonesia tak mengendurkan serangan pada awal babak kedua. Bahkan, Azzaky Esa Erlangga hampir mencetak gol pada menit 48. Sayangnya, crossing apik M. Ridho Al-Ikhsan gagal disambutnya dengan baik di mulut gawang lawan. Sepuluh menit babak kedua berjalan, Pasukan Garuda Muda kembali mendapat peluang emas.

Namun sangat disayangkan, sontekan Hanif Ramadhan yang menghajar crossing Risdjar membentur mistar gawang. Tiga menit kemudian, Riski Afrisal sukses menorehkan gol ke-7 Tim Merah-Putih dalam laga ini. Dengan sepakan keras kaki kirinya yang mengarah ke pojok kanan atas gawang, dia membuat kiper lawan tak berkutik.

Pada menit 66, Indonesia hampir menjauh dengan keunggulan 8-0. Akan tetapi, peluang satu lawan satu yang didapat Wally Marifat berhasil digagalkan oleh Efan Qiszman yang dengan sigap menepis tendangannya. Keasyikan menyerang, tim tuan rumah nyaris kebobolan pada menit 72 setelah melakukan kesalahan di lini belakang.

Untungnya, Ahmad Luthfi yang tinggal berhadapan dengan Andhika Fathir Rachman kurang tenang sehingga sepakannya kurang akurat. Pada akhirnya, Pasukan Bima Sakti berhasil unggul 8-0 pada menit 79. Adalah Wally Marifat yang menggetarkan jala gawang Singapura lewat tendangan penaltinya.

Menjelang babak kedua berakhir, I Komang Ananta Krisna Putra melengkapi kemenangan Indonesia menjadi 9-0 dengan golnya di menit 90+2. Gol tersebut sekaligus menutup pesta gol Pasukan Garuda ke gawang Singapura pada malam hari ini.


(ADI)

Berita Terkait